Follow Us

[Update] Status Terbaru iPhone 7 & iPhone 7 Plus di Balai Uji Postel

Bagus Hernawan - Kamis, 24 November 2016 | 11:51
[Update] Status Terbaru iPhone 7 & iPhone 7 Plus di Balai Uji Postel

Apakah kamu masih menantikan kehadiran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus secara resmi di Indonesia? Meskipun sempat beredar kabar bahwa keduanya tidak lolos TKDN, namun info terbaru ini bisa menjadi titik cerah. Ya, dikutip dari laman POSTEL, status sertifikat untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sekarang sudah bertuliskan SP2 SERTIFIKAT. Informasi ini tim MakeMac dapatkan dari salah seorang Sahabat MakeMac di Twitter:

Dapat kamu lihat pada bagian Permohonan Sertifikat, beberapa produk Apple yang selama ini tersangkut masalah TKDN sudah diberi status SP2 SERTIFIKAT. Mulai dari iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPad Mini Seluler, iPad pro Seluler, iPhone 6s serta iPhone 6s Plus. Apakah hal ini bisa menjadi tanda bahwa iPhone 7 dan generasi lainnya akan segera tersedia di Indonesia?

Dikutip dari laman Detik, SP2 Sertifikat (Surat Pemberitahuan Pembayaran) adalah salah satu proses di pengujian produk oleh POSTEL. Yaitu dilakukan setelah mendapatkan SP3 (Surat Pengantar Pengujian Perangkat) dari dari Kominfo. Stelah proses SP2 masih berlanjut ke pengajuan pengujian, penerbitan hasil uji dan akhirnya sertifikat diterbitkan. Baru setelah itu produk mendapatkan ijin untuk dijual di Indonesia.

Selama ini yang menjadi halangan terbesar dari produk iPhone dan iPad dengan koneksi seluler untuk dijual di Indonesia adalah aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Pemerintah memberikan syarat bahwa device yang menggunakan koneksi seluler dengan dukungan 4G/LTE harus memenuhi hitungan perangkat dalam negeri di angka 30% atau lebih.

Bagaimana pendapat kamu, apakah iPhone 7 bisa dijual di Indonesia secara resmi dalam waktu dekat? Bagikan di kolom komentar ya!

Thanks, Faizal!

Baca Juga:

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest