Follow Us

1 Miliar Akun Yahoo! Diretas, Segera Ganti Password!

Bagus Hernawan - Kamis, 15 Desember 2016 | 21:10
1 Miliar Akun Yahoo! Diretas, Segera Ganti Password!

Layanan akun email dari Yahoo! kabarnya kembali keboboalan. Jika beberapa bulan lalu ada berita menyebutkan 500 juta akun Yahoo! diretas, kini jumahnya adalah 2 kali lipat, 1 miliar! Dikutip dari laman resmi Yahoo!, kebocoran data ini diduga berasal dari layanan pihak ketiga yang tidak resmi pada sekitar sekitar bulan Agustus 2013.

Based on further analysis of this data by the forensic experts, we believe an unauthorized third party, in August 2013, stole data associated with more than one billion user accounts.

Kabarnya data yang bocor ini cukup beragam. Mulai dari nama, alamat emalil, nomor telepon, tanggal lahir, password dengan enkripsi MD5, serta jawaban dan pertanyaan pada keamanan security questions. Cukup mengerikan ya! Tetapi kamu bisa sedikit lebih tenang karena kabarnya data yang bocor ini tidak meliputi password dalam teks normal, informasi kartu kredit dan akun bank yang kamu gunakan.


Baca Juga:


Yahoo! sudah memberi informasi ini kepada para akun yang diduga menjadi korban dari peretasan data. Pengguna wajb mengganti password dan beberapa detail keamanan lain seperti security questions jika diperlukan. Untuk panduan keamanan yang lebih lengkap, silahkan akses halaman Safety Center Page dari Yahoo! secepat mungkin ya.

Masih dari laman sumber Yahoo!, ada beberapa tips keamanan yang dapat kamu perhatikan selain mengganti password. Mulai dari mengecek beragak aktivitas akun yang dirasa aneh atau tidak kamu lakukan, menghindari mode unduh untuk lampiran dokumen di email yang mencurigakan serta gunakan authentication tool dari Yahoo Account Key sebagai lapisan keamanan tambahan.

[source site_name = “Yahoo” site_url = “https://yahoo.tumblr.com/post/154479236569/important-security-information-for-yahoo-users”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest