Follow Us

CareKit Mendukung End-to-End Encryption untuk Tingkatkan Keamanan Data Pasien

Bagus Hernawan - Senin, 16 Januari 2017 | 10:58
CareKit Mendukung End-to-End Encryption untuk Tingkatkan Keamanan Data Pasien

Apple mulai menambah tingkatan keamanan data dari para pengguna aplikasi CareKit dengan mode End-to-End Encryption. Bekerja sama dengan perusahaan Tresorit, para pengembang aplikasi dengan basis CareKit dapat menggunakan opsi tambahan keamanan data ini untuk para penggunanya. Teknologi ini menggunakan nama ZeroKit yang diklaim mudah digunakan oleh siapa saja dan menjamin keamanan lapisan paling tinggi, untuk dokumen yang akan diunggah ke cloud storage.

ZeroKit allows health app developers to take data security as granted and focus on creating products that will make patients’ lives better. ZeroKit is a “Zero Knowledge” user authentication service and end-to-end encryption SDK that developers can embed in their apps and never worry about password and data breaches again.

Sesuai dengan kutipan di atas, ZeroKit menggunakan sistem SDK untuk menjamin implementasi mudah. Jika kamu menggunakan teknologi keamanan End-to-End Encryption ini, data yang akan diunggah ke cloud storage akan dienkripsi dengan key yang tidak akan ikut dibawa bersama data – tetap ada di perangkat iOS yang dimiliki pengguna. Tentunya keamanan ini bisa membuat para pengembang aplikasi di bidang kesehatan dapat memenuhi standar dari beberapa rumah sakit atau tempat riset yang mewajibkan keamanan data tingkat tinggi.


Baca Juga:


Dalam laman penjelasan dari Tresorit, ada 2 cara menggunakan Zerokit yang dapat dipilih oleh para pengembang. Yaitu mode User authentication serta mode User authentication + End-to-end Encryption dengan harga berlangganan yang dapat kamu lihat di laman berikut ini. Ada juga catatan mengenai acara Webinar yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan pengetahuan secara lebih lengkap untuk teknologi Zerokit.

Bagi kamu yang belum tahu, CareKit adalah pengembangan dari aplikasi HeatlhKit yang dirilis Apple tahun lalu. Fungsi utama dari CareKit adalah membuat aplikasi dengan basis personal care seperti mencatat gula darah untuk penderita Diabetes, catatan kesehatan jantung setelah operasi dan saran kegiatan yang harus dilakukan, serta beragam hal lainnya. Sayangnya pengembangan CareKit baru dapat ditemukan di beragam aplikasi untuk rumah sakit dan institusi kesehatan besar di Amerika Serikat dan sebagian Eropa saja. Semoga dapat segera hadir di Indonesia ya!


ResearchKit & CareKit Pertemukan Kebutuhan Peneliti, Pasien dan Hasil Riset

[source site_name = “Tresorit” site_url = “https://tresorit.com/zerokit/carekit”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest