Follow Us

Pendapatan App Store Meroket 60 Persen Selama Kuartal 4 2016

Andri Alfansyah - Senin, 16 Januari 2017 | 14:31
Pendapatan App Store Meroket 60 Persen Selama Kuartal 4 2016

Jumlah pendapatan App Store dari penjualan aplikasi non-game selama kuartal terakhir 2014 tercatat mengalami pertumbuhan signifikan ke angka 60 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam data terbaru yang dirilis Sensor Tower, App Store mengantongi pendapatan $5,4 miliar. Pendapatan toko aplikasi milik Apple itu meningkat hampir dua kali lipat dari $3,4 miliar yang berhasil diraup pada kuartal keempat 2015.

Menariknya, kenaikan jumlah pendapatan App Store ini jauh lebih besar dari jumlah pendapatan Google Play Store. Toko aplikasi Android dari Google tersebut tercatat hanya mampu mengumpulkan $3,3 miliar, meskipun penjualannya naik 82 persen di periode yang sama.

Adapun aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia selama 2016 adalah Facebook di posisi puncak. Sedangkan Messenger berhasil merajai aplikasi yang paling banyak diunduh di App Store dan Facebook di Google Play Store.

Berikutnya, Spotify menjadi aplikasi non-game yang berhasil pendapatan paling besar selama 2016 di App Store. Tidak hanya itu, aplikasi musik streaming populer tersebut juga tercatat meraih pendapatan paling besar secara keseluruhan.

Dominasi Facebook sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh juga terlihat di kuartal keempat 2016. Aplikasi sosial media yang diciptkan Mark Zuckerberg menempati posisi satu secara keseluruhan dan di Google Play Store dan posisi kedua di App Store.


Baca juga:


Sementara itu, Spotify harus mengakui keunggulan Line, Netflix, dan Tinder sebagai aplikasi non-game dengan pendapatan paling besar selama kuartal 4 2016. Posisinya melorot ke nomor empat di periode tersebut. Di App Store, Netflix berhasil meraih posisi satu. Sedang di Google Play, bercokol do posisi satu adalah Line.

Kenaikan pendapatan Apple dari penjualan aplikasi di App Store menjadi bukti bahwa toko aplikasi yang memiliki sekitar 2 juta aplikasi ini adalah ladang yang sangat menguntungkan tidak hanya buat Apple tapi khususnya buat pengembang. Sebelumnya, Apple mengumumkan rekor pembayaran kepada para pengembang sebesar $20 miliar selama 2016. Bukan hanya itu, tanggal 1 Januari lalu diklaim sebagai hari terbesar penjualan konten di App Store.

[source site_name = “Sensor Tower” site_url = “https://sensortower.com/blog/top-apps-2016”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest