Follow Us

3 Cara Jepret Foto dengan Cepat di Lock Screen iOS 10

Bagus Hernawan - Selasa, 17 Januari 2017 | 17:17
3 Cara Jepret Foto dengan Cepat di Lock Screen iOS 10

Penggemar fotografi, pasti kenal dengan istilah “mengejar momen” atau “momen yang tidak akan terulang” dalam setiap kejadian. Nah jika kamu suka mengambil gambar dengan perangkat iPhone, ada 3 cara cepat untuk mengakses mode jepret kamera di iOS 10. Apa saja cara yang dapat kamu tempuh? Berikut ini daftarnya dari hasil percobaan tim MakeMac:

1. Swipe di Lock Screen iOS 10

Apple menghapus Slide to Unlock di iOS 10 dengan maksud yang jelas. Yaitu menghadirkan akses mode Widget dan jepret foto dengan lebih mudah yaitu swipe ke kanan untuk Widget dan Notification Center dan kiri untuk akses app Camera atau mode jepret foto dengan cepat.

Ya, kamu tinggal menekan Home Button atau Power Butoon di mode layar terkunci, setelah itu swipe dari kanan ke kiri untuk mendapatkan mode jepret kamera. Pilih mode foto, video, Slo-Mo atau beberapa hal lannya dari tampilan yang tersedia ya. Setelah itu tekan ikon kotak di bagian kanan bawah untuk melihat semua daftar foto yang sudah kamu jepret.

Untuk melihat semua foto di Camera Roll, kamu harus membuka Passcode Lock terlebih dahulu ya. Sebagai catatan, kamu juga bisa mematikan fitur akses cepat ini dari mode Restrictions. Yaitu lewat Settings – General – Restrictons – Camera OFF.

2. Minta Bantuan Siri

Kamu bisa meminta Siri untuk membuka aplikasi Camera dari Lock Screen atau ditengah penggunaan Homescreen. Tinggal ucapkan Hey Siri Open Camera atau kalimat sejenisnya, maka Camera akan terbuka dan siap digunakan. Contoh kegiatan ini adalah saat kamu sedang repot memasang iPhone di tripod, docking atau sejenisnya dan butuh akses cepat ke Camera saat itu juga.


Baca Juga:


3. Lewat Widget

Beberapa aplikasi fotografi di App Store sudah mendukung Widget di iOS 10. Fiturnya juga beragam, namun salah satu yang bisa kamu gunakan adalah tombol cepat untuk akses kamera. Sebagai contoh saya menggunakan Lightroom for iOS, ada Widget untuk shortuct ke kamera depan atau kamera belakang yang bisa langsung kamu pilih lewat swipe dari kiri ke kanan dari Locscreen atau swipe dari atas ke bawah untuk Home Screen.

Perlu diketahui, jika kamu menggunakan mode Widget ini dari Lock Screen, Lightroom akan meminta ijn akses Passcode Lock terlebih dahulu ya. Jadi sebetulnya bisa dibilang tidak terlalu cepat – dibandingkan cara pertama. Tetapi jika dibandingkan dengan langkah membuka Passcode Lock, mencari aplikasi Lightroom di Homescreen dan memilih mode foto, tentunya cara ini bisa dibilang lebih hemat beberapa langkah.

Tips Tambahan, Preserve Settings

Editor : Bagus Hernawan

Latest