Follow Us

Foxconn Gandeng Apple Bangun Pabrik Layar di AS

Andri Alfansyah - Senin, 23 Januari 2017 | 17:06
Foxconn Gandeng Apple Bangun Pabrik Layar di AS

Petinggi Foxconn, Terry Gou, mengungkapkan bahwa perusahaannya tidak bakal sendirian dalam rencananya untuk membangun fasilitas pabrik pembuatan layar di Amerika Serikat. Mereka bakal meminta bantuan dari Apple.

Seperti dikutip Nikkei Asian Review, Gou mengatakan bahwa Foxconn menjalin kerja sama dengan Apple untuk membangun fasilitas pabrik layar LCD di AS dengan alokasi dana investasi sebesar $7 miliar.

Apple disebutkan tertarik berivestasi bersama perusahaan perakit iPhone itu dikarenakan mereka membutuhkannya juga. Diharapkan investasi tersebut bakal menciptakan antara 30 ribu–50 ribu lapangan pekerjaaan.

“Apple is willing to invest in the facility together because they need the [panels] as well,” Gou told reporters after the company’s annual year-end party in the Nankang district of Taipei. The U.S. production site eventually would create 30,000 to 50,000 jobs, the Taiwanese tycoon said.

Gou menilai bahwa dilokalkannya layar yang lebih besar merupakan solusi yang lebih baik ketimbang harus mengimpornya dari Tiongkok ke pasar AS. Apalagi permintaan terhadap layar tersebut diprediksi bakal mengalami peningkatan.

Foxconn ternyata tidak hanya bakal membangun fasilitas pabrik pembuatan layar, tapi juga fasilitas pabrik lainnya. Gou mengungkapkan perusahaanya juga bakal membangun fasilitas pabrik pencetakan yang berlokasi di negara bagian Pennsylvania.


Baca juga:


Selain itu, perusahaan rintisan Smart Technologies milik Foxconn yang berada di Kanada bakal dipindahkan ke wilayah selatan perbatasan AS menyusul Presiden AS Donald Trump menyampaikan keinginannya untuk diadakannya pembicaraan ulang soal perdagangan bebas dengan Amerika Utara.

Satu hal yang tidak bisa dielakan dari rencana tersebut adalah harga iPhone juga bakal melambung meskipun hal tersebut merupakan dampak dari kebijakan yang bakal diberlakukan Presiden AS, Donal Trump.

Namun begitu, Tiongkok masih bakal menjadi basis dan pasar utama Foxconn. Di Zhengzhou, Foxconn memproduksi sekitar 100 juta unit iPhone per tahun. Jadi tidak ada alasan bagi mereka untuk lebih memilih AS daripada Tiongkok yang tercatat menyumbang total pendapatan 19 persen kepada Apple.

[source site_name = “Nikkei” site_url = “http://asia.nikkei.com/Business/AC/Foxconn-considers-7bn-US-display-facility-with-Apple?page=1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest