Follow Us

Apple Merilis iOS 10.3 Beta: Fitur Find My AirPods dan Beragam Pengaturan Baru

Bagus Hernawan - Rabu, 25 Januari 2017 | 10:12
Apple Merilis iOS 10.3 Beta: Fitur Find My AirPods dan Beragam Pengaturan Baru

Apple hari ini merilis iOS 10.3 Developer Beta dengan banyak hal menarik yang bisa kita bahas. Salah satunya adalah fitur Find My AirPods yang berfungsi untuk mencari perangkat AirPods saat hilang atau keluar dari Charging Case. Berikut ini beberapa bahasan mengenai iOS 10.3:

Catatan pertama adalah Find My AirPods.Fitur ini hadir di aplikasi Find My iPhone jika kamu sudah menghubungkan perangkat AirPods ke perangkat iOS yang terdaftar di akun Apple ID tersebut. Kegunaan dari fitur ini adalah mengecek lokasi terakhir sebuah AirPods terhubung ke perangkat iOS dan menampilkan lokasinya. Kamu juga bisa memutar musik atau suara yang kencang untuk mencari AirPods dengan lebih mudah. Suara ini bisa diatur apakah hadir di kedua sisi AirPods atau salah satu saja yang hilang.

Masuk ke Settings, perubahan pertama adalah mode Apple ID. Sekarang di bagian atas untuk aplikasi Settings di iOS 10.3 ada tampilan akun Apple ID yang kamu gunakan. Masuk ke bagian tersebut untuk melihat semua detail perangkat iOS yang menggunakan Apple ID yang sama, iTunes & App Store dan Family Sharing.

Baca Juga:

Apple juga mengubah tampilan di bagian pengaturan iCloud. Yaitu tampilan baru dalam bentuk diagram warna untuk setiap detail dari penyimpanan yang kamu buat. Seperti Photos, Backup, dokumen dan beragam hal lainnya.Bagi kamu yang menggunakan komputer Mac, mode tampilan ini mirip dengan yang ada di bagian About This Mac – Storage ya!

SiriKit dan HomeKit juga punya update minor yang cukup menarik. Kini Apple memperluas SiriKit untuk pengembang pihak ketiga dengan akses tambahan. Yaitu mode meminta Siri untuk mengakses segala sesuatu seputar pembayaran, bayar tagihan atau penjadwalan sebuah pesanan pembelian atau layanan kendaraan seperti Uber. Lanjut untuk HomeKit ada tambahan fitur untuk mengelola perangkat dengan fitur memprogram lampu secara lebih mudah.

Masih ingat tentang rencana Apple membuat Apple File System (APFS)? Nah sistem operasi iOS 10.3 ini menggunakan teknologi APFS tersebut sebagai percobaan. Apple menyarankan kamu untuk membuat backup dari data yang diperlukan sebagai langkah persiapan jika ada masalah seperti error. Beberapa kelebihan APFS adalah enkripsi yang lebih aman, space sharing, copy-on write metadata dan beragam hal lainnya.

Fitur Diagnostics and Usage di bagian Settings – Privacy diubah menggunakan nama Analytics. Kegunaan fitur ini masih tetap sama, memberikan pengguna sebuah pengaturan untuk menentukan aplikasi apa saja yang dapat menggunakan informasi yang diijinkan oleh Apple, untuk mengembangkan aplikasi mereka. Catatan baru yang diberikan pada bagian ini adalah tombol Share iCloud Analytics untuk mengijinkan akses data Analytics tersebut melalui layanan akun iCloud.

Masih ada beberapa catatan menarik lainnya di iOS 10.3 yang dapat kamu peroleh. Untuk saat ini update iOS 10.3 hanya tersedia bagi pengguna dengan akun Apple Developer saja ya. Dalam waktu dekat pasti akan mendukung pengguna di akun Public Beta dan beberapa pekan lagi untuk pengguna umum.

Apakah ada pembaca MakeMac yang sudah mencoba iOS 10.3? Bagikan review kamu di kolom komentar ya!

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2017/01/24/whats-new-in-ios-10-3/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest