Follow Us

Apple Akhirnya Buat Fitur Respon Ratings & Review untuk Developer

Bagus Hernawan - Rabu, 25 Januari 2017 | 17:54
Apple Akhirnya Buat Fitur Respon Ratings & Review untuk Developer

Fitur Ratings & Review di App Store memang selama in dirasa kurang adil bagi para pengembang. Ya, Apple tidak memberikan tempat untuk para pengembang aplikasi tersebut dalam hal menjawab beragam review dari para pengguna. Namun sebentar lagi hal tersebut akan berubah. Di catatan update iOS 10.3, Apple berjanji untuk menambahkan fitur merespon review dari penguna. Nantinya fitur ini akan hadir di App Store dan Mac App Store.

When iOS 10.3 ships to customers, you will be able to respond to customer reviews on the App Store in a way that is available for all customers to see. (This feature will also be available on the Mac App Store.)

Sesuai dengan kutipan di atas, fitur respon dari review pengguna ini akan hadir setelah iOS 10.3 rilis untuk pengguna umum. Belum ada keterangan secara lebih lengkap apakah modenya hanya sekali respon untuk sebuah review yang perlu diberi komentar atau bisa saling berbalas di seperti komentar di layanan sosial media misalnya.

Dengan langkah tersebut, para pengembang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengedukasi pengguna yang belum jelas dengan sebuah fitur – lalu memberikan review rendah. Atau sekedar memberikan balasan berupa apresiasi kepada para pengguna yang memberikan pujian atau hal positif lainnya.


Baca Juga:


Catatan lain juga menyebutkan, Apple akan merilis API baru untuk mode Rate & Review di iOS 10.3 Yaitu mode memberikan penilaian dan pendapat secara langsung dari aplikasi tersebut, tanpa perlu berpindah ke aplikasi App Store. Bisa dibilang mirip dengan mode Sign In di Game Center yang langsung tampil di depan layar pada iOS 9 atau sebelumnya ya.

Saya pribadi sangat setuju dengan rencana Apple membuat fitur respon komentar untuk para pengembang. Dari beberapa obrolan yang pernah tim MakeMac dapatkan, banyak aplikasi di App Store yang mendapatkan Rate & Review rendah dan pihak Developer tidak bisa menjawab pertanyaan atau keluhan yang dihadapi. Di sisi lain, Apple bisa saja mencabut aplikasi tersebut di App Store karena dianggap tidak layak atau terlalu banyak mendapatkan penilaian rendah. Semoga dengan fitur baru ini, contoh masalah ini tidak akan terjadi lagi ya!

Apakah kamu termasuk pengguna yag aktif memberikan Rate & Review di App Store atau Mac App Store? Gimana pendapat kamu dengan rencana fitur baru ini?


Unduh Gambar di MM Reader Jadi Mudah dengan Fitur Baru!

[source site_name = “Apple Developer” site_url = “https://developer.apple.com/library/prerelease/content/releasenotes/General/WhatsNewIniOS/Articles/iOS10_3.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest