Follow Us

Apple Pecahkan Rekor Pendapatan & Penjualan iPhone di Kuartal 1 2017

Andri Alfansyah - Rabu, 01 Februari 2017 | 10:21
Apple Pecahkan Rekor Pendapatan & Penjualan iPhone di Kuartal 1 2017

Ekspektasi para analis soal bakal menurunnya jumlah penjualan dan pendapatan Apple selama kuartal pertama untuk tahun fiskal 2017 ternyata di luar dugaan. Mereka baru saja memecahkan rekor pendapatan melampaui ekspektasi yang ada di kuartal tersebut.

Dalam laporan keuangan dan pendapatan selama kuartal pertama 2017 seperti diansir 9to5Mac, Apple membukukan pendapatan sebanyak $78,4 miliar dengan laba bersih mencapai $17,89 miliar dan laba saham dilutif $3,36 per lembar.

Jumlah pendapatan dan keuntungannya di kuartal pertama 2017 adalah rekor tertinggi yang pernah dicapai Apple. Bandingkan dengan di periode yang sama tahun lalu, mereka meraup pendapatan $75,9 miliar meskipun keuntungannya sedikit lebih besar yakni $18,4 miliar.

Secara rinci, jumlah pendapatan dan keuntungan Apple di kuartal pertama termasuk penjualan iPhone 7, iPhone 7 Plus, , Apple Watch Series 2, dan MacBook Pro baru. Di periode ini, Apple berhasil menjual sebanyak 78,3 juta unit iPhone, 13 juta unit iPad, and 5,3 juta unit komputer Mac.

CEO Apple Tim Cook menyampaikan rasa bahagianya dengan hasil pendapatan tertinggi yang dicapai perusahaannya di kuartal pertama 2017. Dia juga menyebutkan layanan-layanan Apple mengalami pertumbuhan yang kuat.

“We’re thrilled to report that our holiday quarter results generated Apple’s highest quarterly revenue ever, and broke multiple records along the way. We sold more iPhones than ever before and set all-time revenue records for iPhone, Services, Mac and Apple Watch,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “Revenue from Services grew strongly over last year, led by record customer activity on the App Store, and we are very excited about the products in our pipeline.”


Baca juga:


Tidak hanya itu, Apple juga mengumumkan proyeksi pendapatan dan keuntungan untuk kuartal berikutnya:

  • Pendapatan antara $51.5 miliar – $53,5 miliar
  • Gross margin sebesar 38 persen – 39 persen
  • Biaya operasional antara $6,5 miliar – $6,6 miliar
  • Pendapatan/pengeluaran sebesar $400 juta
  • Tingkat pajak sebesar 26 persen
Raihan Apple ini tampaknya berhasil membungkam para analis yang sebelumnya memprediksikan pendapatan dan keuntungan di kuartal pertama 2017 bakal mengalami penurunan. Namun nyatanya hal itu tidak terjadi. Hasil ini membuktikan bahwa produk-produk barunya, seperti iPhone 7 dan lini produknya diterima pasar dengan sangat baik.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/01/31/apple-earnings-fy17-q1/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest