Follow Us

Software buat Membobol Data iPhone Milik Teroris Tersebar Luas

Andri Alfansyah - Jumat, 03 Februari 2017 | 16:50
Software buat Membobol Data iPhone Milik Teroris Tersebar Luas

Perusahaan forensik perangkat mobile, Cellebrite, yang diminta FBI buat membobol data iPhone 5c milik seorang tersangka penembakan di San Bernardino, California, dikabarkan mengalami kebobolan data.

Kini, dalam keterangannya kepada Motherboard via percakapan online, sang peretas mengatakan sudah menyebarkan software yang digunakan Cellebrite untuk membobol data dari iPhone yang terkunci itu di internet.

Now the hacker responsible has publicly released a cache of files allegedly stolen from Cellebrite relating to Android and BlackBerry devices, and older iPhones, some of which may have been copied from publicly available phone cracking tools.

“It’s important to demonstrate that when you create these tools, they will make it out. History should make that clear,” they continued.

Peretas mengatakan berhasil menjebol data dari server Cellebrite. Data tersebut kemudian diekstraksi dari sebelumnya yang masih berupa file image Universal Forensic Extraction Device (UFED). Mereka pun berhasil menjebol data meskipun Cellebrite melindunginya dengan enkripsi.

Mereka juga menyebutkan skrip Python yang digunakan Cellebrite buat menjebol data dari perangkat mobile, termasuk iPhone, juga tersedia di dalam software yang disebarkan tersebut. Mereka mencantumkan tautan data tersebut di Pastebin.


Baca juga:


Pembobolan data dari Cellebrite sendiri dilaporkan terjadi bulan Januari lalu. Para peretas mengklaim bahwa mereka berhasil mengambil data sebanyak 900GB yang disebutkan sudah dijualbelikan ke Rusia, Turki, dan Uni Emirat Arab.

Apple sendiri tidak mau ikut campur dalam kasus pembobolan iPhone 5c oleh FBI melalui Cellebrite. Mereka tetap memegang teguh prinsipnya untuk melindung data pengguna dengan enkripsi untuk menghindari preseden yang buruk jika digunakan orang jahat.

Catatan penting buat pengguna, kamu tidak perlu khawatir mengenai penyebaran software yang digunakan buat menjebol iPhone. Pasalnya, iOS yang dijalankan di iPhone tersebut sudah usang. Dengan kata lain tidak bisa digunakan buat menjebol iPhone dan iOS yang baru.

[source site_name = “Motherboard” site_url = “https://motherboard.vice.com/en_us/article/hacker-dumps-ios-cracking-tools-allegedly-stolen-from-cellebrite”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest