Follow Us

Apple Digugat karena Matikan FaceTime di iOS 6

Andri Alfansyah - Senin, 06 Februari 2017 | 15:56
Apple Digugat karena Matikan FaceTime di iOS 6

Apple mendapatkan gugatan hukum class action di kampung halamannya di California, Amerika Serikat, lantaran mematikan layanan FaceTime di iOS 6 dan memaksa pengguna mengupdate ke iOS 7.

Gugatan class action itu seperti dilansir Apple Insider menuduh Apple menghentikan layanan FaceTime di iOS 6 dan versi iOS sebelumnya secara sengaja. Karena, mereka disebutkan menghindari membayar biaya relay data yang membengkak dari Akamai, selaku penyedia server dari pihak ketiga yang digunakanya.

Apple sendiri menggunakan dua metode teknologi peer-to-peer untuk layanan FaceTime yang diluncurkannya pada tahun 2010 silam. Sehingga, satu iPhone ke iPhone yang lainnya bisa saling terhubung. Satu metode teknologi peer-to-peer tersebut mengirimkan data audio dan video melalui koneksi langsung. Sedangkan satu lagi menggunakan server milik Akamai buat merelay data tersebut secara bolak-balik.

Saat itu, biaya relay data melalui Akamai sebenarnya tidak terlalu mahal. Yaitu, terhitung hanya 5–10 persen dari lalu lintas penggunaan FaceTime. Namun biaya menjadi membengkak setelah pengadilan memutuskan Apple melanggar paten peer-to-peer milik VirnetX di tahun 2012. Dalam kasus ini, mereka di denda $368 juta.


Baca juga:


Oleh karena itu demi menghindari pelanggaran paten lanjutan, Apple tidak punya solusi selain berhenti menggunakan teknologi peer-to-peer melalui Akamai. Kemudian setahun berikutnya, mereka merilis iOS 7 yang menggunakan teknologi peer-to-peer baru yang tidak melanggar paten milik VirnetX.

Namun ternyata hal itu menimbulkan masalah. Dalam gugatan class action disebutkan ada pengguna yang masih menggunakan perangkat iOS 6 dan Apple dituduh sengaja mematikan FaceTime di versi iOS tersebut tanggal 16 April 2014 dengan membuat sertifikatnya kadaluarsa.

Sebagai bukti Apple yang mematikan layanan FaceTime di iOS secara sengaja dan memaksa pengguna mengupdate ke iOS 7, pihak penuntut menghadirkan bocoran email percakapan antara dua pegawai engineernya:

Q) “Hey, guys. I’m looking at the Akamai contract for next year. I understand we did something in April around iOS 6 to reduce relay utilization.”A) “It was a big user of relay bandwidth. We broke iOS 6, and the only way to get FaceTime working again is to upgrade to iOS 7.”

Dalam kasus ini, Apple dituntut dengan pasal pelanggaran hukum soal persaingan usaha yang tidak adil. Namun mereka tidak menyebutkan berapa besaran denda yang mereka tuntut dari pencipta iPhone itu.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/17/02/02/lawsuit-claims-apple-forced-users-to-ios-7-by-breaking-facetime”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest