Follow Us

Fitur WhatsApp Status Hadir untuk Pengguna di Indonesia

Bagus Hernawan - Kamis, 23 Februari 2017 | 10:15
Fitur WhatsApp Status Hadir untuk Pengguna di Indonesia

Fitur WhatsApp Status yang meniru Instagram Stories dan juga Snapchat, hari ini resmi hadir untuk pengguna di Indonesia! Kamu bisa melihatnya dengan cara membuka WhatsAp lalu tekan tab Status di bagian paling kiri bawah. Sesuai dengan catatan yang sebelumnya saya bagikan, mode ini berfungsi untuk membagikan foto dan video dalam format privat dan aman berkat dukungan fitur end-to-end encryption.

Cara Menggunakan WhatsApp Status

Cara menggunakan WhatsApp Status juga sangat mudah. Tinggal masuk ke tab Status di bagian kiri bawah lalu akses pengaturan Privacy sebagai langkah awal. Kelola mode ini untuk memberikan batasan mengenai siapa saja yang dapat melihat WhatsApp Status buatan kamu. Apakah semua kontak, semua kontak kecuali beberapa orang pilihan atau hanya bagikan dengan daftar orang tertentu.

Setelah mengelola pengaturan, silahkan tekan ikon + untuk membuat sebuah WhatsApp Status. Gunakan juga mode Caption yaitu penjelasan dari foto atau video yang kamu bagikan. Sayangnya saat saya mencoba fitur ini di iPhone 5, mode memberikan stiker atau coretan di gambar tidak tampil seperti iklan dari WhatsApp. Sedangkan beberapa teman yang menggunakan perangkat Android sudah dapat menemukan mode tersebut. Bagaimana dengan perangkat iPhone yang kamu gunakan?


Baca Juga:


Masih di tampilan tab Status, WhatsApp membagi 2 list di Status yang dapat kamu lihat. Pertama adalah Recent Updates yang berisi beberapa Status terbaru dari teman atau keluarga dan juga Viewed Updates untuk daftar Status yang sudah kamu tonton.

Masuk ke mode melihat konten Status, kamu hanya bisa menekan tombol Reply di bagian bawah. Fitur ini berguna untuk mengirim chat kepada orang tersebtu sebagai bentuk respon dari Status yang dibuat. Bentuknya juga unik, yaitu berupa Quote Reply alias disertai lampiran dari gambar atau video yang dipilih.

Sebagai catatan, untuk kamu yang biasa melihat daftar kontak dari bagian Status alias Favorites, sekarang fitur itu resmi berpindah ya. Yaitu dari tab Chats lalu tekan ikon New Chat dari bagian kanan atas layar.

Bagaimana pendapat kamu mengenai perubahan di WhatsApp Status? Saya sendiri masih merasa agak aneh karena WhatsApp mulai mengarah pada tren aplikasi sosial media – sebelumnya lebih dikenal sebagai aplikasi chat saja. Semoga Facebook sebagai pemilik WhatsApp tidak berencana menghadirkan iklan atau fitur lain yang dapat mengganggu kamu dalam menggunakan WhatsApp. Setuju?

Selamat mencoba fitur WhatsApp Status dan bagikan review kamu di kolom komentar ya!

Download WhatsApp Messenger ร‚ยท Harga: Gratis


12 Tips & Trik Menggunakan WhatsApp di iPhone

[source site_name = “WhatsApp” site_url = “https://blog.whatsapp.com/10000630/WhatsApp-Status”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest