Follow Us

(Rumor) Hapus Konektor Lightning, Apple Siapkan USB-C buat iPhone 8

Andri Alfansyah - Selasa, 28 Februari 2017 | 19:55
(Rumor) Hapus Konektor Lightning, Apple Siapkan USB-C buat iPhone 8

Buat kamu yang mengantisipasi kedatangan iPhone 8 yang diharapkan bakal keluar bulan September mendatang, ada kabar yang sangat mengejutkan. iPhone generasi berikutnya tersebut dikabarkan bakal menjadi iPhone pertama yang tidak mendukung konektor Lightning.

Seperti informasi terkini yang dilansir dari Wall Street Journal (via 9to5Mac), Apple bakal mengganti konektor Lightning ciptaannya sendiri yang sudah lama diadopsi di iPhone dengan konektor USB-C di iPhone 8. Sayangnya tidak diketahui alasan mengapa Apple bakal mengabsenkan konektor Lightning di iPhone nanti.

Meski begitu, bakal dihapuskannya konektor Lightning di iPhone 8 tampaknya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, WSJ bukan sembarang media. Jadi kemungkinan Apple memang bakal mengorbankan komponen itu seperti halnya jack headphone 3,5mm di iPhone 7.

Pengadopsian konektor USB-C bukan yang pertama dilakukan Apple. Mereka sebelumnya sudah menerapkan konektor tersebut di jajaran MacBook Pro yang diluncurkan bulan Oktober tahun lalu 2016.


Baca juga:


Hilangnya konektor Lightning yang lama dihadirkan sejak iPhone 5 adalah adalah salah satu komponen yang bakal diabsenkan di iPhone 8. Sebelumnya, beredar rumor menyebutkan Apple bakal menghilangkan Home Button di iPhone 8, digantikan dengan “Function Area”.

Disamping bakal hadir dengan konektor dan tombol akses baru, iPhone 8 kabarnya bakal bakal datang desain bodi yang sama sekali baru. Bagian sektor layar, Apple bakal menyematkan layar OLED 5,8 inci. Dengan fitur-fitur baru tersebut, tak salah kiranya harga jual iPhone ditaksir bakal lebih dari $1.000.

Jika benar iPhone 8 tidak bakal dibekali konektor Lightning, bagi sebagian pengguna hal ini bisa cukup merepotkan. Lantaran tidak bakal kompatibel dengan iPhone baru tersebut. Apalagi bagi pengguna iPhone 7, mereka mau-mau harus membeli adaptor earphone lagi buat mendengarkan musik.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/02/28/wsj-iphone-8-to-replace-lightning-connector-with-a-usb-c-port-feature-curved-oled-screen/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest