Follow Us

Sejumlah Layanan Cloud Milik Apple Tumbang Gara-Gara Amazon

Andri Alfansyah - Rabu, 01 Maret 2017 | 16:03
Sejumlah Layanan Cloud Milik Apple Tumbang Gara-Gara Amazon

Sejumlah layanan Apple dikabarkan mengalami kelumpuhan sesaat akibat terkena dampak tumbangnya layanan berbasis cloud storage milik Amazon yaitu Amazon Web Services (AWS) beberapa saat lalu.

Dari laman System Status Apple (via 9to5Mac), beberapa layanan yang mengalami gangguan secara rinci di antaranya adalah iCloud Backup, iCloud Drive, iCloud Notes, iCloud Web Apps, iWork for iCloud, dan Photos. Gangguan layanan diketahui dari ikon wajik berwarna kuning.

Untungnya, Apple sudah berhasil mengatasi gangguan yang menimpa layanan penyimpanan berbasis awan miliknya. Dalam pemantauan kami, layanan-layanan Apple tersebut sekarang sudah kembali normal dengan status ikon bulat berwarna hijau.

Apple sendiri sebelumnya sudah merancang ulang desain laman System Status dengan tampilan baru. Menggantikan bentuk timeline, laman tersebut kini menampilkan layanan berdasarkan isu-isu yang baru dialami, ditandai dengan adanya hyperlink “Resolved Issue” di samping nama layanan.


Baca juga:


Begitu kamu klik, hyperlink “Resolved Issue” bakal menampilkan informasi mengenai suatu isu yang dialami, lengkap dengan durasi waktu dan jumlah pengguna yang terkena dampaknya.

Sumber dari Kompas Tekno menyebutkan, gangguan yang menimpa AWS kabarnya berlangsung selama 4 jam. Gangguan itu menyebabkan sistem Simple Storage Service (S3) yang digunakan ratusan ribu pelanggan AWS menyimpan gambar tidak bisa mengaksesnya.

Selain Apple, banyak layanan lain yang menggunakan AWS seperti Netflix, Spotify, Pinterest, Buzzfeed, The Verge. Bahkan sebagian di antaranya Trello, Quora, IFTTT, dan Nest, dilaporkan lumpuh sama sekali. Namun hingga berita ini diturunkan, sistem AWS sudah berfungsi seperti semula.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/02/28/icloud-outage-aws-slow-performance/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest