Follow Us

Paten Baru Apple Ini Jelaskan Layar iPhone Bisa Pindai Sidik Jari

Andri Alfansyah - Rabu, 01 Maret 2017 | 17:45
Paten Baru Apple Ini Jelaskan Layar iPhone Bisa Pindai Sidik Jari

Di tengah rencananya untuk menghapuskan Home Button yang dilengkapi Touch ID di iPhone 8, Apple berhasil memenangkan paten baru dari United States Patent and Trademark Office mengenai teknologi pemindai sidik jari dalam layar iPhone.

Dilansir Apple Insider, paten bernama Electronic device including finger biometric sensor carried by a touch display and related methods itu menjelaskan mengenai layar iPhone masa depan yang terintegrasi dengan sensor biometrik buat otentifikasi.

Berbeda dari pemindai sidik jari di Home Button sebelumnya yang menggunakan pembaca sidik jari dan cincin kapasitif, sensor biometrik baru dalam paten tersebut memungkinkan seluruh bagian layar iPhone berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Dengan cara ini, proses pemindaian sidik jari buat masuk ke layar dinilai lebih cepat dan efisien daripada menggunakan cara sebelumnya melalui Home Button. Hal ini karena pengguna tidak lagi harus memindahkan jari ke area tertentu buat otentifikasi.


Baca juga:


Dalam implementasinya, Apple menyematkan sensor biometrik tersebut diletakan di antara beberapa lapisan layar seperti transparent conductive traces,“ dan ”transparent dielectric layer". Selain itu, kontroler pemindai sidiknya juga bisa diintegrasikan ke dalam layar.

Namun apakah iPhone 8 bakal mengadopsi teknologi pemindai sidik jari baru saat ini belum diketahui secara pasti. Rumor yang santer terdengar adalah iPhone yang memulai debutnya tahun ini tidak bakal dilengkapi Home Button. Apple bakal menggantinya dengan layar sentuh Function Area yang fungsinya sepertinya mirip seperti Touch Bar.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/17/02/28/apple-granted-patent-for-fingerprint-recognition-using-entire-iphone-display”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest