Follow Us

Gugatan Apple Terhadap Qualcomm Meluas ke Inggris

Andri Alfansyah - Jumat, 03 Maret 2017 | 14:10
Gugatan Apple Terhadap Qualcomm Meluas ke Inggris

Apple ternyata tidak hanya menggugat Qualcomm soal sengketa pembayaran royalti paten di dua negara saja yaitu Amerika Serikat dan Tiongkok, perusahaan raksasa dari Cupertino itu dikabarkan menggugat mereka di negara besar yang lain.

Berdasarkan informasi yang dilansir Bloomberg, Apple salah satu supplier besar chip modem LTE buat iPhone ke pengadilan di Inggris dengan gugatan hukum yang sama. Di negara kerajaan tersebut, Qualcomm digugat soal paten dan desain yang sudah terdaftar.

Namun tidak diketahui secara pasti berapa kerugian yang digugat Apple dari Qualcomm di Inggris. Sebelumnya di AS dan Tiongkok, mereka menggugat Qualcomm masing-masing sebesar $1 miliar dan CNY1 miliar.

Saat dimintai tanggapannya, Apple menyampaikan pernyataan yang sama ketika menggugat Qualcomm di AS pada tanggal 20 Januari yang lalu. Yaitu mereka mengatakan Qualcomm meminta bayaran royalti paten lima kali lipat dibanding perusahaan lain. Apalagi pembayaran royalti paten itu tidak ada kaitannya Apple.


Baca juga:


Selain itu, Apple mengatakan Qualcomm menahan pembayaran $1 miliar sebagai pembalasan kepada pihak berwenang yang sedang mengusutnya di Korea Selatan terkait persaingan usaha yang tidak sehat.

Meski terlibat kasus hukum, Qualcomm memastikan bahwa hubungan bisnisnya dengan Apple masih terjaga dengan baik. Meski begitu, tidak diketahui apakah Apple tidak lagi memasok chip modem dari Qualcomm buat iPhone tahun ini

Sebelum Apple, Qualcomm juga tersandung kasus hukum persaingan usaha yang tidak sehat di Eropa danTaiwan. Sementara di Korea Selatan, mereka dikenai denda lebih dari 1 triliun won dengan tuduhan melakukan praktik monopoli.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-03-02/apple-s-u-k-patent-suit-against-qualcomm-adds-to-global-battle”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest