Follow Us

Smartify, Pindai dan Baca Informasi Lukisan dengan iPhone Saja

Bagus Hernawan - Senin, 06 Maret 2017 | 11:12
Smartify, Pindai dan Baca Informasi Lukisan dengan iPhone Saja

Sering berkunjung ke museum dengan banyak lukisan bersejarah? Pasti kamu pernah merasakan kesulitan saat harus mencari info lebih lengkap mengenai gambar tersebut di ruangan yang ramai. Namun sebentar lagi masalah ini bisa teratasi dengan sebuah aplikasi baru di iOS.

Menggunakan nama Smartify, aplikasi ini dibekali dengan teknologi pengenalan gambar dan Augmented Reality (AR). Tinggal arahkan kamera iPhone ke sebuah karya lukisan dan dapatkan informasi lengkap yang dibutuhkan. Kamu juga bisa menyimpan katalog digital ini sesuai kebutuhan dan urutan yang disukai. Untuk rilis awalnya, tim pengembang Smartify CIC bar bekerjasama dengan beberapa museum ternama di dunia. Berikut ini kutipannya:

The app will launch in May for selected artworks at the Louvre in Paris, France, and the Metropolitan Museum of Art in New York, and all the artworks at the Rijksmuseum in Amsterdam and the Wallace Collection in London.

Smartify juga dapat digunakan tanpa perlu memindai gambar asli di sebuah museum untuk lukisan yang sudah terdaftar. Kamu dapat membeli kartu pos atau poster Mona Lisa misalnya, lalu memindai gambar tersebut dengan Smartify dan selamat menikmati catatan lengkapnya dari iPhone. Bisa dibilang Smartify berfungsi layaknya aplikasi Shazam namun dengan katalog lukisan yang sudah terdaftar di dunia.


Baca Juga:


Kokkiniotis, tim pengembang dari Smartify CIC juga menjelaskan bahwa tantangan terbesar yang harus dilakukan adalah bekerjasama dengan beragam museum ternama di dunia. Hal lain yang harus menjadi fokus perhatian dari aplikasi ini adalah kecepatan scanning foto yang dimiliki serta hasil yang sesuai dari database dokumen.

Tertarik untuk mencoba Smartify jika sudah rilis di App Store? Atau mungkin ingin mengusulkan museum di Indonesia yang dapat bekerjasama dengan mereka? Silahkan simak laman Smartify untuk informasi lebih lengkap ya!


Apple Museum, Galeri Koleksi Produk Apple Terlengkap di Dunia Resmi Dibuka

[source site_name = “smartify” site_url = “http://smartify.org.uk/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest