Follow Us

Pan-Pan, Games Puzzle dengan Konsep Alam Terbuka

Bagus Hernawan - Senin, 13 Maret 2017 | 16:06
Pan-Pan, Games Puzzle dengan Konsep Alam Terbuka

Awal pekan ini meja review tim MakeMac kedatangan games Pan-Pan dari developer Spelkraft. Games ini menggunakan jenis permainan puzzle adventure dan memiliki suara latar belakang yang sangat menenangkan. Penasaran dengan tampilannya? Simak dulu videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Mengenal Pan-Pan

Di games ini kamu akan memerankan seorang karakter yang sedang berpetualang dan kehilangan kendali terhadap balon udaranya. Tugas kamu adalah memecahkan semua misteri yang ada di daratan tersebut untuk mengembalikan fungsi balon udara dan melanjutkan perjalanan. Karena area terbuka di games Pan-Pan adalah tempat asing bagi kamu, maka semua tempatnya akan dimulai dengan sudut pandang yang terbatas. Ya, kamu harus terus menjelajah untuk membuka pandangan yang lebih luas.

Bicara masalah pandangan, Pan-Pan di iOS punya mode sudut pandang berputar yang bisa digerakkan dengan mudah. Cukup swipe jari kamu ke kanan atua kiri layar lalu amati semua bagiannya dengan mudah. Ada tombol Zoom di bagian tengah bawah jika kamu butuh pandangan detail di beberapa bagian.

Masuk ke pembahasan arena, Pan-Pan menggunakan mode jelajah yang cukup luas dan bisa membuat kamu bingung jika kurang konsentrasi. Untuk mengurangi resiko tersesat, ada banyak tempat Save Data yang bisa kamu akses dengan mudah dan cepat. Saran saya silahkan simpan permainan kamu sebelum masuk ke mode puzzle baru, Load kembali jika merasa kesulitan atau gagal. Dari hasil percobaan saya selama beberapa jam, Pan-Pan tidak akan mati karena salah langkah atau hal lain seperti terbunuh kok. Jadi games ini aman untuk umur berapa saja ya.


Baca Juga:


Tantangan Bermain Pan-Pan

Sebagian besar tantangan di games Pan-Pan adalah memindahkan barang dan menempatkan di bagian yang tepat, menyelesaikan puzzle dengan ritme langkah yang secepat mungkin atau sedikit ketangkasan dan kecepatan di jenis tantangan tertentu. Kamu tidak perlu panik jika merasa buntu atau gagal memecahkan permainan di sebuah lingkungan tertentu ya, silahkan explore lagi dan lanjut ke bagian lain yang dirasa lebih mudah.

Nantinya semua bagian puzzle ini akan saling terkait dan kamu dapat memecahkan semuanya secara lengkap. Memang sih perlu kesabaran dan agak teliti untuk mencari beberapa celah dan pola dari tantanga yang diberikan. Saya sendiri baru menyelesaikan beberapa puzzle saja saat menuliskan review ini dan tidak sabar untuk kembali bermain.

Bicara kendali dan suara latar belakang, Pan-Pan membuat bagian penting ini secara serius. Kamu dapat mengendalikan karakter utamanya dengan tap di layar pada titik tujuan. Sedangkan untuk suara latar belakang, pengguna iPhone atau iPad yang suka menggunakan earphone akan merasa sangat dimanjakan. Terutama untuk beberapa bagian yang membutuhkan kecepatan bermain, Pan-Pan punya suara latar belakang yang dinamis dan meningkatkan adrenalin loh!

Tertarik Mencoba Pan-Pan?

Saya sangat menikmati Pan-Pan untuk bermain di waktu luang atau sedang bosan sambil tengah jam istirahat siang. Sedikit keluhan untuk game ini adalah layout alias orientasi layar dalam mode tegak – rasanya lebih pas jika bisa digunakan dalam mode mendatar pada perangkat iPad. Sayangnya Pan-Pan hanya membuat mode mendatar di perangkat komputer Mac dengan pembelian lewat Steam.

Tertarik mencoba Pan-Pan? Games ini dapat dibeli dengan harga 59 ribu Rupiah ya! Pan-Pan tersedia untuk perangkat iPhone dan iPad dengan iOS 8 atau lebih baru. Karena menggunakan label games premium, Pan-Pan bebas dari iklan dan in-app purchase. Yuk segera unduh, gunakan tautan di bawah ya.

Download Pan-Pan


Review Mekorama, Sebuah Game Puzzle Dengan Level Tanpa Batas


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest