Follow Us

Pangsa Pasar iOS Naik Menjadi 42 Persen di AS Berkat iPhone 7

Andri Alfansyah - Kamis, 16 Maret 2017 | 13:21
Pangsa Pasar iOS Naik Menjadi 42 Persen di AS Berkat iPhone 7

Pangsa pasar perangkat iOS selama periode tiga bulan yang dimulai bulan November 2016 hingga bulan Januari 2017 tercatat mengalami tren peningkatan hampir di banyak negara di dunia, termasuk Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

Dari data terbaru yang dirilis Kantar Worldpanel ComTech, pangsa pasar iOS di AS mengalami kenaikan hampir tiga persen dibanding tahun lalu menjadi 42 persen selama triwulan tersebut. Sedangkan smartphone Android sebaliknya turun meskipun masih mendominasi. Mereka menguasai pangsa pasar sebesar 56,4 persen.

Kantar tidak melihat adanya dampak signifikan dari banyaknya smartphone Android yang diluncurkan di pameran Mobile World Congress (MWC) akhir Februari lalu terhadap pasar AS. Meski demikian, Apple, Samsung, dan LG merupakan tiga vendor besar smartphone yang mendominasi pangsa pasar.

It is difficult to see the impact of all the devices launched at MWC 2017 from the perspective of a US consumer since many of them are not initially planned for sale in the US. Seventy percent of the US domestic market is dominated by Apple and Samsung, and the third largest manufacturer, LG, accounted for an additional 11.1% of sales in the three months ending January 2017.

Kenaikan pangsa pasar iPhone tidak lepas dari peluncuran iPhone 7 yang tercatat menjadi model yang paling laris di banyak negara termasuk AS. Hanya saja, iPhone mengalami penurunan pangsa pasar di tiga negara yaitu Tiongkok, Jepang, dan Spanyol.


Baca juga:


Sementara itu di Eropa, iPhone 7 tercatat tetap menjadi smartphone paling laris di Inggris, Prancis, dan Jerman. Di kawasan ini, Apple menguasai pangsa pasar sebesar 22,7 persen. Sisanya dipegang smartphone Android yang mengalami kenaikan pangsa pasar menjadi 74,3 persen.

Pangsa pasar perangkat iOS di Tiongkok harus terkikis oleh smartphone Android. Dalam data Kantar, pangsa pasar smartphone Android naik 9,3 persen menjadi 83,2 persen dan perangkat iOS di angka 16,6 persen. Meski smartphone Android mendominasi, iPhone 7 tetap paling laris di Tiongkok.

[source site_name = “Kantar World Panel” site_url = “https://www.kantarworldpanel.com/global/News/iOS-and-Android-push-towards-a-Two-OS-world”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest