Follow Us

Apple Larang Aplikasi dengan Embel-Embel Kata “Free” di App Store

Andri Alfansyah - Rabu, 29 Maret 2017 | 11:26
Apple Larang Aplikasi dengan Embel-Embel Kata “Free” di App Store

Buat kamu para pengembang yang gemar mencantumkan kata “Free” (gratis) di aplikasi-aplikasi buatanmu sebagai promosi di App Store, hindarilah untuk melakukannya. Pasalnya, Apple dikabarkan bakal menolaknya.

Seperti dilaporkan Venturebeat, Apple sudah menerapkan kebijakan baru dan tegas untuk menolak aplikasi-aplikasi yang terdapat kata “Free” di bagian nama, ikon, screenshot, atau bahkan preview.

Para pengembang yang masih mencantumkan kata gratis tersebut di aplikasi yang dikirimkannya, Apple dilaporkan bakal mengirimkan pesan error karena tidak termasuk dalam bagian dari metada yang harus dicantumkan. Sebaliknya, mereka diminta untuk mencantumkan diskon harga di bagian penjelasan aplikasi.

Your app’s name, icons, screenshots, or previews to be displayed on the App Store include references to your app’s price, which is not considered a part of these metadata items.

Please remove any references to your app’s price from your app’s name, including any references to your app being free or discounted. If you would like to advertise changes to your app’s price, it would be appropriate to include this information in the app description. Changes to your app’s price can be made in the Pricing and Availability section of iTunes Connect.

Apple kabarnya sudah mulai memperingatkan para pengembang mengenai kebijakan baru ini sejak bulan yang lalu. Namun saat itu, mereka belum menolak aplikasi-aplikasi yang ada kata gratisnya untuk direview.


Baca juga:


Ketika dimintai keterangannya, perwakilan Apple enggan membeberkan alasan di balik kebijakan barunya untuk menolak aplikasi-aplikasi yang terdapat kata gratis di toko aplikasi Apple buat perangkat iOS tersebut.

Selama ini, Apple sudah beberapa kali memberlakukan sejumlah kebijakan baru di App Store. Selain bakal menolak aplikasi dengan embel-embel kata gratis, mereka sebelum ini juga melakukan pembersihan dengan menghapus hampir 50 ribu aplikasi yang tidak sesuai aturan dan ditinggalkan atau lama tidak mendapatkan update.

Bisa jadi, penolakan terhadap aplikasi yang ada kata gratisnya merupakan bagian dari upaya pembersihan besar-besaran aplikasi-aplikasi yang tidak sesuai aturan. Sehingga App Store menjadi lebih baik lagi.

[source site_name = “Venturebeat” site_url = “https://venturebeat.com/2017/03/28/apple-now-rejects-app-store-submissions-when-the-name-includes-the-price/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest