Follow Us

Berlokasi di BSD City, Pusat R&D Pertama Apple Beroperasi Akhir Kuartal 2

Andri Alfansyah - Kamis, 30 Maret 2017 | 18:02
Berlokasi di BSD City, Pusat R&D Pertama Apple Beroperasi Akhir Kuartal 2

Di saat-saat akhir Apple berencana meluncurkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Tanah Air Jumat besok, kini mencuat informasi soal lokasi pertama di mana mereka bakal membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) miliknya di Indonesia.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno, Tenaga Ahli Menteri Perindustrian, Sanny Iskandar, mengungkapkan bahwa lokasi pertama pusat R&D yang dipilih Apple adalah gedung Green Office Park yang berada di BSD City, Tangerang, Banten.

Apple lebih lanjut dikatakan tidak membeli bangunan di lokasi perkantoran tersebut. Namun mereka menyewanya untuk sementara lantaran sedang menunggu rampungnya proyek digital hub di BSD City sebagai lokasi pusat inovasinya.

“BSD City nanti bangun kawasan semacam Silicon Valley. Barangkali nanti kalau sudah jadi baru Apple bangun di sana yang tetap,” kata Sanny.

Apple direncanakan bakal mulai menggunakan pusat riset dan pengembangannya di Green Office Park, BSD City mulai pertengahan tahun ini, tepatnya pada akhir kuartal kedua nanti. Mereka pun bakal mulai merekrut 300–400 pegawai lokal untuk ditempatkan di sana.


Baca juga:


Selain di Banten, Apple juga disebutkan berencana membangun sejumlah pusat R&D lainnya di kota-kota besar lain di Indonesia. Pusat riset dan pengembangan Apple yang kedua masih di pulau Jawa. Sedangkan yang ketiga adalah di Toba, Sumatera Utara sebagaimana diusulkan Menkominfo Rudiantara.

Selama dua terakhir Apple absen menjual iPhone baru di Indonesia lantaran terbentur aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Namun kini di tahun 2017, Apple sudah memenuhinya dengan membangun pusat inovasinya di Indonesia.

[source site_name = “Kompas Tekno” site_url = “http://tekno.kompas.com/read/2017/03/30/14211107/apple.pilih.bsd.tangerang.jadi.pusat.riset.pertama.di.indonesia”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest