Follow Us

Apple Pangkas Komisi di Affiliate Program, Khusus untuk Konten Aplikasi

Bagus Hernawan - Selasa, 25 April 2017 | 16:20
Apple Pangkas Komisi di Affiliate Program, Khusus untuk Konten Aplikasi

Apple hari ini mengumumkan peraturan baru untuk Affiliate Program. Yaitu perubahan komisi dari setiap pembelian aplikasi dan in-app purchase dari 7% menjadi 2.5% yang berlaku mulai 1 Mei 2017. Pengumuman ini dikirim lewat email kepada para pelanggan di Affiliate Program dan pertama kali diketahui oleh David Barnard.

Starting on May 1st 2017, commissions for all app and in-app content will be reduced from 7% to 2.5% globally.

All other content types (music, movies, books, and TV) will remain at the current 7% commission rate in all markets. We will also continue to pay affiliate commissions on Apple Music memberships so there are many ways to earn commissions with the program.

Sesuai dengan pengumuman di atas, perubahan ini akan berlaku secara global dan hanya berubah untuk konten App dan in-app purchases. Konten lain seperti musik, film,buku dan TV tetap menggunakan komisi 7% seperti sebelumnya. Apple juga tetap melanjukan program komisi untuk pendaftaran Apple Music pertama kali dengan komisi 50%.

Selain pengumuman tersebut, Apple juga memberikan update lain seputar Affiliate Program. Yaitu halaman Getting Started yang lebih mudah dipahami untuk kamu yang baru bergabung serta Program Overview untuk mengecek bagian laporan pendapatan, membuat tautan dan beberapa hal lainnya yang hadir dengan pengaturan lebih lengkap.


Baca Juga:


Tim MakeMac juga menggunakan Affiliate Program dari Apple untuk setiap tombol unduh ke App Store yang kami buat. Seperti di artikel berita update aplikasi, review games atau mungkin info film dan musik terbaru yang ada di iTunes Store.

Dengan cara ini, kami mendapatkan komisi 7% dari Apple untuk setiap pembelian konten yang kamu lakukan di App Store melalui tautan tersebut, namun kamu tidak mendapatkan biaya tambahan apapun. Komisi ini nantinya dikumpulkan dan cek secara berkala lewat laman analitik yang diberikan oleh Apple, untuk dicairkan sebagai pendapatan tambahan. Cara serupa juga sering digunakan oleh para pengembang untuk membuat tautan afiliasi dari aplikasi buatan mereka, ketika membagikannya di website atau email promosi misalnya.

Saya pribadi agak kecewa dengan keputusan Apple untuk memotong pendapatan Affiliate Program menjadi 2.5% saja. Hal ini terhitung sangat kecil dan bahkan pengumuman yang diberikan mendadak – hanya sepekan sebelumnya. Keluhan serupa juga pasti dialami oleh banyak blogger lain atau para pengembang yang menggunakan Affiliate Program sebagai pemasukan tambahan.

Bagaimana pendapat kamu mengenai keputusan Apple untuk memangkas komisi di Affiliate Program? Apakah kamu punya perasaan kecewa, serupa dengan yang sama pikirkan? Bagikan di kolom komentar ya!


5 Tips Keamanan Apple ID yang Wajib Kamu Tahu


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest