Follow Us

Review Outflow: Catat Semua Layanan Berlangganan di iPhone

Bagus Hernawan - Jumat, 05 Mei 2017 | 19:49
Review Outflow: Catat Semua Layanan Berlangganan di iPhone

Layanan berlangganan bulanan sekarang sudah sangat umum untuk beragam aplikasi atau konten digital. Mulai dari dunia hiburan seperti Apple Music, Netflix, Spotify atau mungkin yang berhubungan dengan kerjaan seperti Slack dan Dropbox. Untuk mengingat semua layanan berlangganan yang kamu gunakan, perlu ketelitian dan dapat menghabiskan waktu. Agar kegiatan mencatat semua layanan berlangganan jadi mudah, kamu dapat mengandalkan aplikasi Outflow!

Fitur utama dari aplikasi ini adalah menyimpan dan mengingat semua layanan subscriptions atau langganan yang kamu buat, beserta nama penyedia layanan. Tim MakeMac sudah mencoba Outflow dan ingin berbagi review untuk kamu semua. Yuk simak!

Mengenal Outflow

Saat pertama kali mencoba Outflow, kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar di atas. Yaitu gambar latar belakang hitam, ikon pengaturan di kiri atas dan juga tombol + untuk mencatat layanan berlangganan yang kamu gunakan. Silahkan tekan tombol + lalu lakukan beberapa pengaturan yang diperlukan.

Outflow membagi jenis catatan layanan berlangganan dalam 3 jenis – Manual, Domain dan Automatic untuk terhubung ke akun Gmail. Untuk mode Manual, pengguna bisa memilih penyedia layanan berlangganan yang ada dalam list dukungan Outflow lewat ikon + di bagian tengah atas. Silahkan cari nama layanan tersebut dengan mengetik di kolom pencarian atau tambahkan secara manual.

Selesai dengan nama layanan, ada beberapa data wajib yang bisa kamu isi ya. Mulai dari harga, frekuensi membayar, hari tagihan, jenis pembayaran dan kustomisasi nama yang kamu perlukan. Setelah semua data ini kamu isi, catatan baru bisa disimpan dan kembali ke halaman utama. Bagian paling menarik dari catatan ini adalah Payment Method, saya bisa menambahkan kustomisasi pembayaran yang tidak ada dalam tabel. Contohnya untuk Apple Music dengan menggunakan label iTunes Gift Card atau mungkin catatan lain.

Setelah memasukkan semua catatan layanan berlangganan yang kamu gunakan, Outflow akan membuat tampilannya seperti gambar di atas. Yaitu biaya yang harus kamu bayarkan setiap bulan atau tahun, serta nama list yang disusun dalam mode Row atau Cards. Kamu bisa melakukan tap atau slide ke atas untuk mode Edit serta Delete catatan yang tidak lagi diperlukan.


Baca Juga:


Pengaturan Notifikasi

Selain mencatat dan menampilkan data tagihan yang harus kamu bayar dalam berbagai waktu, fitur lain dari Outflow tentu saja notifikasi. Kamu bisa mengatur notifikasi untuk membayar tagihan dalam beberapa pilihan. Mulai dari hari tagihan datang, sehari sebelumnya atau seminggu sebelumnya. Semua pengautran ini ada di bagian Settings yang dapat diakses lewat tombol Gir di kiri atas layar.

Yuk Unduh Outflow!

Tim MakeMac sudah mencoba Outflow dan sangat menikmati aplikasi ini untuk mencatat beragam layanan berlangganan digital. Meskipun tidak bisa digunakan untuk membayar setiap tagihan kamu secara otomatis, setidaknya kamu tidak perlu takut lupa membayar tagihan Netflix, Spotify atau layanan berlangganan lainnya. Dari pengalaman saya mencoba Outlflow, sedikit kekurangan yang bisa diperbaiki adalah dukungan mata uang Rupiah dan mungkin penambahan fitur peringatan yang lebih lengkap.

Tertarik mencoba Outflow? Yuk segera unduh, gunakan tautan di bawah ini ya untuk akses cepat ke App Store dan unduh Outflow.

Download Outflow


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest