Follow Us

Malware ‘Snake’ Dari Windows Datang ke Mac, Menyamar Sebagai Adobe Flash Player Installer

Bagus Hernawan - Senin, 08 Mei 2017 | 16:11
Malware ‘Snake’ Dari Windows Datang ke Mac, Menyamar Sebagai Adobe Flash Player Installer

Jika kamu adalah pengguna sistem operasi Windows semenjak tahun 2008, pasti kenal dengan malware jahat dengan julukan ‘Snake’ atau disebut juga Turla atau Uroburos. Dikutip dari laman MalwarBytes, ‘Snake’ kabarnya telah disesuaikan agar dapat berjalan di Mac (porting) dan mulai menyebar di internet. Cara penyamaran yang dilakukan adalah berbentuk Adobe Flash Installerr namun menggunakan sertifikat installer yang kadaluarsa atau tidak resmi.

The app is signed, however, by a certificate issued to an “Addy Symonds” rather than Adobe, but the average user is never going to know that…

Masih dari laman sumber berita, aplikasi ini awalnya diketahui dengan nama Install Adobe Flash Player.app.zip. Ketika pertama kali dibuka, pengguna akan diminta memasukkan password sebagai proses instalasi dan Adobe Flash Player akan hadir di komputer tersebut. Namun selain menginstal Adobe, malware ini akan menyusup ke sistem dan bersarang di folder /Library/Scripts/.

Baca Juga:

Apple kabarnya sudah menutup sertifikat palsu yang digunakan oleh Snake dan membuatnya tidak bisa diinstal. Aplikasi buatan tim MalwareBytes juga kabarnya sudah hadir dalam versi terbaru, bisa mendeteksi Snake dan menghapusnya. Sedangkan untuk kamu yang sudah terlanjur masuk dalam jebakan malware tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pertama adalah mengganti semua password yang ada di komputer tersebut – bisa saja password dari email atau akun lainnya sudah dicuri dengan akses backdoor yang dibuat oleh malware Snake. Kedua adalah berhati-hati lagi saat ingin melakukan instalasi aplikasi baru dan selalu mencari sumber instalalsi yang paling terpercaya, dari Mac App Store atau website resmi pengembang aplikasi tersebut.

[source site_name = “malware bytes” site_url = “https://blog.malwarebytes.com/threat-analysis/2017/05/snake-malware-ported-windows-mac/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest