Follow Us

Malware Pencuri Data Masuk ke Mac Lewat Aplikasi Handbrake

Bagus Hernawan - Senin, 15 Mei 2017 | 12:10
Malware Pencuri Data Masuk ke Mac Lewat Aplikasi Handbrake

Handbrake, aplikasi konversi video yang pastinya kamu kenal ini kabarnya minggu lalu disusupi oleh malware jahat pada halaman unduhan aplikasi. Tim pengembang Handbrake menjelaskan bahwa pengguna yang mengunduh dan instal aplikasi mereka dari tanggal 2 Mei – 7 Mei 2017 bisa jadi korban dengan kemungkinan paling besar.

Anyone who installed HandBrake for Mac needs to verify their system is not infected with a Trojan. You have a 50/50 chance if you’ve downloaded HandBrake during this period.

Dikutip dari laman sumber berita, Malware jahat ini punya kemampuan untuk membuat peretasnya dapat mengendalikan komputer kamu dalam bentuk memantau kegiatan yang dikerjakan dan juga mengambil screenshot serta unggah dokumen.

Baca Juga:

Bagaimana cara mudah untuk mengecek komputer kamu terkena malware dari aplikasi Handbrake? Mudah saja, silahkan akses aplikasi Activity Monitor di Mac dan cari ‘activity_agent’ dalam Services yang berjalan. Jika tidak menemukan nama tersebut, berarti komputer Mac tersebut aman dari Handbrake Malware.

Sedangkan untuk pengguna yang mengalami infeksi tersebut, bisa menghapus aplikasi Handbrake untuk sementara dan menjalankan 3 perintah sederhana dari Terminal berikut ini:

  • launchctl unload ~/Library/LaunchAgents/fr.handbrake.activity_agent.plist
  • rm -rf ~/Library/RenderFiles/activity_agent.app
  • Jika ~/Library/VideoFrameworks/ memiliki dokumen proton.zip, segera hapus folder tersebut.
Sebagai tips terakhir, pengguna disarankan untuk menganti password yang sudah disimpan di Keychain Access pada komputer Mac atau juga layanan di peramban aplikasi. Sebelum melakukan langkah tersebut, pastikan malware ini sudah benar-benar hilang dari komputer yang kamu gunakan ya!

[source site_name = “handbrake” site_url = “https://forum.handbrake.fr/viewtopic.php?f=33&t=36364”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest