Follow Us

Server iCloud Masih Simpan Notes yang Dihapus Lebih Dari 30 Hari

Bagus Hernawan - Senin, 22 Mei 2017 | 12:47
Server iCloud Masih Simpan Notes yang Dihapus Lebih Dari 30 Hari

Sering menyimpan catatan di aplikasi Notes bawaan iOS dan Mac? Normalnya ketika kamu menyimpan catatan di Notes ke akun iCloud dan menghapusnya, dokumen ini akan berpindah ke folder Recently Deleted dan dihapus otomatis setelah 30 hari. Namun ternyata hal yang berbeda ditemukan oleh pakar keamanan dari pengembang ElcomSoft.

Oleg Afonin, pengembang aplikasi Elcomsoft Phone Breaker menemukan cara untuk membangkitkan lagi catatan yang ada di iCloud dan sudah kamu hapus dalam waktu lebih dari 30 hari. Bahkan dalam percobaannya, ada data catatan yang berhasil “diangkat” lagi dari tahun 2015.

We discovered that deleted notes are actually left in the cloud way past the 30-day period, even if they no longer appear in the “Recently Deleted” folder.


Baca Juga:


Masih dari laman sumber berita, kabarnya tidak semua catatan yang ditemukan lewat Elcomsoft Phone Breaker dapat digunakan alias berhasil diselamatkan. Dalam beberapa percobaan yang dilakukan, Elcomsoft Phone Breaker berhasil mendapatkan data yang sudah kamu hapus dalam jumlah banyak dan waktu yang lama, namun bisa juga data yang masih cukup baru yaitu 2 minggu lebih lama dari 30 hari waktu yang diberikan oleh Apple.

Tentunya hal ini bisa berarti hal baik namun bisa juga buruk. Ya, buruk karena artinya Apple tidak menghapus data kamu secara permanen dalam waktu yang dijanjikan yaitu 30 hari setelah masuk ke folder Recently Deleted. Sebagai tambahan catatan, kasus serupa pernah terjadi pada data di iCloud untuk iCloud Photo Library dan juga Safari History. Apple akhirnya memperbaiki hal tersebut dan memberikan penjelasan kepada para pengguna. Apakah hal serupa juga akan berlaku untuk kasus data catatan Notes di iCloud? Kita tunggu saja ya!


Video ini Bisa Jadi Penyebab Web iCloud Activation Lock Dihapus

[source site_name = “Elcomsoft” site_url = “https://blog.elcomsoft.com/2017/05/we-did-it-again-deleted-notes-extracted-from-icloud/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest