Follow Us

(Video) Konsep iOS 11 untuk iPad dengan Beragam Fitur Profesional

Bagus Hernawan - Senin, 22 Mei 2017 | 14:55
(Video) Konsep iOS 11 untuk iPad dengan Beragam Fitur Profesional

Acara WWDC 2017 yang akan mengenalkan iOS 11 dan deretan sistem operasi serta layanan lainnya, sudah tinggal beberapa minggu lagi. Seperti tahun lalu, laman MacStories membagikan video yang berisi konsep fitur yang mereka inginkan di iOS 11. Beberapa diantaranya tampak sangat menarik dan khusus dibuat untuk perangkat iPad saja.

Penasaran? Yuk simak dulu videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Federico Viticci, Editor-in-Chief di MacStories ini sudah dikenal sebagai pengguna antusias perangkat iPad dalam kegiatan sehari-hari. Sebagian besar aktivitasnya ada di depan iPad, baik untuk menulis dan juga pengembangan MacStories bersama timnya. Dia juga menegaskan bahwa iOS 10 sangat mengecewakan dirinya sebagai pengguna iPad.

Menurutnya Apple tidak banyak membuat fitur khusus di iOS 10 yang hanya dapat digunakan oleh iPad. Berbeda dengan iOS 9 yang menghadirkan Multitasikng Split View, Slide Over dan Picture and Picture yaitu pertama kalinya perangkat iPad bisa menjalankan 2 aplikasi atau melihat 2 tampilan secara berbeda dalam waktu bersamaan.

Kali ini Federico Viticci kembali bekerjasama dengan Sam Beckett untuk membuat visualisasi dari fitur yang diharapkan hadir pada iOS 11. Beberapa diantaranya adalah Drag & Drop, Shelf, App Picker baru dan masih banyak lainnya.

Pertama adalah Drag and Drop. Bagi kamu pengguna komputer Mac, memindahkan dokumen atau menyalin sesuatu dari aplikasi A ke aplikasi B adalah hal yang sangat mudah berkat dukungan gesture multi finger di Trackpad MacBook Pro atau Magic Mouse. Nah di iOS 11, Federico Viticci berharap Apple punya fitur Drag & Drop yang dapat membantu pengguna memindahkan beragam jenis dokumen antar aplikasi di mode Split View. Mulai dari teks, gambar, tautan atau dokumen itu sendiri misalkan dari Notes ke Mail.


Baca Juga:


Lanjut untuk Shelf, fitur ini bisa dibilang sangat unik dan menarik. Yaitu tempat menaruh beragam hal yang ingin kamu kerjakan di waktu lain dengan lengkap dan mudah. Bisa dibilang mirip clipboard manager namun dalam bentuk konten dan tampilan yang lebih visual. Mulai dari tautan ke App Store, musik yang ingin kamu beli di iTunes Store atau detail alamat dari aplikasi Maps. Dia juga menjelaskan bahwa fitur Shelf dapat dipanggil dengan gesture khusus di iPad agar tidak membingungkan pengguna dan mudah diakses kapan saja. Shelf juga diharapkan dapat bekerja sendiri atau mendukung Quick Look API. Sehingga saat kamu sudah terlalu banyak menyimpan dokumen sementara di Shelf, ada cara cepat untuk kembali melihatnya dan hapus jika memang tidak diperlukan.

Sering menggunakan App Picker alias barisan ikon yang tampil untuk memilih daftar aplikasi di mode Slide Over dan Split View? Sejak awal fitur ini rilis, Apple tidak merubah mode ini menjadi lebih familiar atau mudah digunakan. Dalam konsep video di atas, kamu dapat melihat tampilan App Picker yang lebih mudah dalam bentuk ikon yang disusun secara lebih rapi mirip Launchpad di macOS atau tambahan fitur pencarian. Kamu juga bisa mengatur aplikasi apa saja yang paling sering digunakan dan dapat tampil di mode App Picker pada deretan paling atas.

Masih ada beberapa catatan lain mengenai fitur harapan di iOS 11 dari MacStories. Mulai dari Finder for iOS yang berupa pengembangan aplikasi iCloud Drive, desain App Store yang lebih tertata dengan sumber inspirasi dari Apple Music dan juga beberapa hal lainnya. Silahkan simak langsung dari catatan berikut ini ya!

Saya pribadi sangat cocok konsep App Picker yang diberikan, karena sering sekali mendapatkan kendala untuk menemukan aplikasi yang ingin dibuka dalam mode Multitasking tersebut. Bagaimana pendapat kamu mengenai konsel fitur iOS 11 dari video dan penjelasan di atas? Bagika di kolom komentar ya!


5 Event WWDC Paling Penting di Era Steve Jobs

[source site_name = “MacStories” site_url = “https://www.macstories.net/stories/ios-11-ipad-wishes-and-concept-video/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest