Follow Us

Aplikasi Dash Akhirnya Kembali ke App Store Setelah Kontroversi Panjang

Bagus Hernawan - Jumat, 26 Mei 2017 | 09:54
Aplikasi Dash Akhirnya Kembali ke App Store Setelah Kontroversi Panjang

Masih ingat berita aplikasi dokumentasi API bernama Dash yang dihapus Apple dari App Store? Aplikasi tersebut dianggap melakukan kecurangan berupa review dan rating palsu di App Store, padahal masalahnya berlangsung di akun berbeda. Hal ini membuat akun pengembang Kapeli yang membuat Dash, ditutup oleh Apple dan mengubahnya sebagai open source. Namun kini aplikasi tersebut resmi hadir kembali di App Store.

Langkah ini diambil oleh Bogdan Popescu, pengembang aplikasi Dash karena menemukan beragam pelanggaran di App Store seputar aplikasi buatannya. Yaitu para pengembang nakal yang berusaha mengunduh semua informasi dari Dash setelah dibuat menjadi open source dan memberikan label aplikasi baru untuk mencari keuntungan pribadi. Hal ini tentunya melanggar standar lisensi oleh pengembang Dash untuk penggunaan konten mereka meskipun sudah berlabel open source. Untungnya tim Apple dan pengembang Dash dengan sigap mengetahui hal tersebut dan tidak ada yang lolos.


Baca Juga:


Akhirnya untuk menghentikan hal tersebut, Bogdan Popescu membuat sebuah akun Apple Developer. Dia kembali mendaftarkan Dash di App Store, menghentikan para pencuri tadi dan kini aplikasi tersebut sudah diterima oleh Apple – bisa kamu unduh secara gratis. Sedangkan Dash for Mac masih tetap tersedia secara ekslusif untuk dibeli lewat website resmi mereka.

I hope this will somewhat stave off the pirated copies of Dash from appearing on the App Store.

Bagi kamu yang belum tahu, Dash dihapus oleh Apple di App Store karena diduga melakukan manipulasi rate dan review. Hal ini membuat tim pengembangnya kaget karena dia tidak pernah melakukan kecurangan tersebut. Setelah dicek lebih jauh ternyata tim pengembang Dash pernah membantu salah seorang developer junior untuk membuat akun Apple Developer dengan kartu kredit yang sama. Diduga akun tersebut yang digunakan untuk melakukan kecurangan di App Store dan tentunya kartu kredit yang digunakan menjadi dugaan pelaku paling utama. Kisah lengkapnya dapat kamu baca di artikel berikut ini.

Download Dash - Offline API Docs ร‚ยท Harga: Gratis


Apple Menemukan 1000 Review Palsu dan 2 Akun Pengembang Aplikasi Dash


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest