Follow Us

Cara Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Bagus Hernawan - Jumat, 26 Mei 2017 | 20:21
Cara Menambahkan Link Website di Instagram Stories

Instagram Stories adalah salah satu fitur baru di sosial media Instagram yang sedang laris selama setahun ini. Beberapa fitur baru terus ditambahkan, membuat kamu bisa melakukan beragam eksperimen seru untuk berbagi cerita. Salah satu fitur yang jarang dibahas adalah menambahkan link website di Instagram Stories. Kali ini tim MakeMac akan membahas fitur tersebut secara lengkap. Yuk simak!

Mengenal Fitur Link Website di Instagram Stories

Fitur link website di Instagram Stories dikenalkan pertama kali pada awal November 2016, bersama fitur Mention dan juga Boomerang untuk Instagram Stories. Dengan menambahkan link website di Instagram Stories, kamu dapat mengajak para penonton konten Instagram Stories tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lengkap baik lewat website atau mungkin tautan lainnya. Sebagai contoh adalah posting sebuah poster acara dan berikan tautannya untuk cara cepat mendaftar ke acara tanpa perlu meninggalkan Instagram Stories.

Tampilan link website di Instagram Stories juga bersifat minimalis dan pengguna tidak perlu melihat URL atau alamat web tersebut. Tingga lakukan swipe ke atas di Instagram Stories untuk masuk ke tautan tersebut lewat peramban di dalam Instagram. Penasaran cara membuat link website di Instagram Stories? Berikut ini tutorialnya:

Baca Juga:

Cara Menambahkan Link Website di Instagram Stories

  1. Masuk ke aplikasi Instagram di iPhone.
  2. Akses fitur Jepret gambar dengan cara tab ikon Home di paling kiri bawah lalu swipe dari kiri ke kanan.
  3. Jepret gambar, rekam video atau ambil dari Camera Roll dengan cara swipe dari bawah ke atas.
  4. Lakukan editing yang kamu perlukan seperti menambahkan Sticker, garis, filter dan lain sebagainya.
  5. Tekan ikon tautan (2 rantai saling berkaitan) di bagian kanan atas layar.
  6. Ketik alamat tautan atau paste saja supaya mudah jika sebelumnya sudah kamu copy dari daftar catatan atau peramban Safari.
  7. Tekan tombol Preview Link untuk memastikan tautan yang kamu tulis sudah tepat. Jika semuanya sudah beres, akhiri dengan menekan tombol Done.
Di sisi penonton Instagram, tampilan dari Instagram Stories yang memiliki link website akan tampil seperti gambar di awal artikel yaitu teks "See More" di Instagram Stories. Tinggal tekan saja bagian tersebut atau swipe dari bawah ke atas untuk masuk ke tautan. Selain menuju ke sebuah website, kamu juga bisa memasukkan tautan untuk akses aplikasi di App Store, video di YouTube serta beragam hal lainnya.

Sebagai catatan, fitur menambahkan link website di Instagram Stories ini awalnya hanya tersedia untuk akun Instagram dengan tanda verifikasi. Namun dari hasil percobaan tim MakeMac, fitur ini ternyata sudah tersedia untuk pengguna beberapa pengguna Akun Bisnis . Sayangnya Instagram belum merilis pengumuman resmi mengenai kehadiran fitur ini di Akun Bisnis, mungkin memang baru percobaan saja untuk segera rilis secara resmi.

Apakah kamu sudah mendapatkan fitur menambahkan link website di Instagram Stories? Tautan apa saja yang ingin kamu coba bagikan? Ceritakan di kolom komentar ya!

UPDATE: Dari beberapa informasi yang tim MakeMac dapatkan, sebuah akun Instagram Bisnis yang ingin mendapatkan fitur ini harus memiliki Followers di atas 10 ribu atau sudah mendapatkan tanda verifikasi dari Instagram.

Download Instagram · Harga: Gratis

Panduan Lengkap Menggunakan Fitur Baru Instagram.com di iPad

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest