Follow Us

Developer Readdle Bawa Fitur Drag and Drop di iPad

Bagus Hernawan - Senin, 29 Mei 2017 | 09:56
Developer Readdle Bawa Fitur Drag and Drop di iPad

Readdle, salah satu nama besar developer aplikasi produktivitas untuk Spark, Documents 6, PDF Expert dan Scanner Pro ini punya update yang sangat menarik. Yaitu penambahan fitur drag and drop untuk pengguna iPad dalam mode Split View. Dengan fitur tersebut kamu dapat menikmati mode transfer dokumen yang lebih mudah di antara 4 aplikasi dari Readdle. Penasaran dengan tampilannya? Simak dulu video berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Sesuai dengan catatan dari tim Readdle, fitur dapat digunakan oleh pengguna iPad yang mendukung Split View. Yaitu iPad Pro, iPad Air 2 dan juga iPad Mini 4. Tinggal unduh update 4 aplikasi tersebut, gunakan 2 diantaranya dengan mode Split View dan silahkan pindah data dengan cara tekan dan tahan lalu tarik ke aplikasi di sebelahnya. Tentunya fitur ini terbatas hanya di aplikasi buatan Readdle saja ya, tidak mendukung aplikasi dari pengembang lain.

Pastinya kamu tahu jika Apple sendiri belum mendukung fitur serupa di iOS 10. Jadi bagaimana sistem kerja fitur drag and drop yang dirancang tim Readdle dapat berjalan dengan sempurna? Secara sederhana, setiap aplikasi dari pengembang Readdle yang sedang kamu gunakan ini akan membuat http server yang bersifat lokal.


Baca Juga:


Setiap proses drag and drop dilakukan, transfer data antara kedua aplikasi tersebut akan berjalan dan pastinya melibatkan protokol http dan juga teknologi JSON. Ketika kamu sudah melepaskan sentuhan ke layar sebagai tanda dokumen siap dikirimkan, applikasi tujuan akan mencari sumber dokumen dan mengunduhnya lewat jalur http. Hal ini yang menyebabkan fitur drag and drop dari Readdle hanya dapat digunakan pada aplikasi buatan mereka saja.

Apa saja yang dapat kamu lakukan dengan drag adn drop antar aplikasi dari Readdle? Tentunya banyak hal seputar memindah dokumen dan bekerja lebih cepat. Mulai dari simpan lampiran dokumen email dari Spark ke aplikasi Documents 6, membuat tanda tangan digital, edit dokumen dan langsung lampirkan di email serta beragam kegiatan lainnya. Intinya adalah peningkatan produktivitas dan memotong langkah berkirim data yang sebelumnya perlu fitur Share Extension dari iOS yang lebih panjang.

Penasaran untuk mencoba 4 aplikasi dari Readdle dalam mode Split View di iPad? Silahkan unduh dari tautan di bawah ini dan selamat mencoba ya!

Download Spark - Email App by Readdle · Harga: Gratis

Download Documents by Readdle · Harga: Gratis

Download PDF Expert by Readdle · Harga: 149000

Download Scanner Pro · Harga: 59000


(Video) Konsep iOS 11 untuk iPad dengan Beragam Fitur Profesional

[source site_name = “Readdle” site_url = “https://blog.readdle.com/drag-drop-between-readdle-apps-fd079c756b23”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest