Follow Us

Update Swift Playgrounds 1.5 Mendukung Pemrograman Robot, Drone dan Mainan

Bagus Hernawan - Jumat, 02 Juni 2017 | 11:16
Update Swift Playgrounds 1.5 Mendukung Pemrograman Robot, Drone dan Mainan

Swift Playgrounds, aplikasi edukasi untuk mengajarkan anak mengenai dasar pemrograman dengan basha Swift ini akan segera hadir dalam versi 1.5. Dalam penjelasannya, Apple memberikan catatan bahwa Swift Playgrounds 1.5 akan memberikan dukungan untuk membuat kode pemrograman yang dapat terhubung ke beberapa jenis mainan dari merek tertentu. Mulai dari robot, pesawat drone dan juga mainan lainnya untuk cara baru menikmati permainan berbasis edukasi.

Beberapa jenis perangkat yang akan mendapatkan dukungan di Swift Playgrounds 1.5 nanti adalah LEGO MINDSTORMS Education EV3, Sphero SPRK+, drone dari merek Parrot dan beberapa lainnya. Sedangkan update Swift Playgrounds 1.5 ini akan rilis pada tanggal 5 Juni mendatang saat WWDC 2017 resmi dibuka.

Craig Federighi, Apple SVP Software Engineering menjelaskan bahwa lebih dari 1 juta pengguna iOS 10 di perangkat iPad, baik anak-anak atau pengguna dewasa sudah mulai menggunakan Swift Playgrounds untuk belajar hal dasar mengenai Swift. Nantinya dengan integrasi ke beberapa perangkat mainan, pengguna dapat melihat hasil pemrograman yang dibuat dalam bentuk gerakan dari mainan sesungguhnya.

Now they can instantly see the code they create and directly control their favorite robots, drones and instruments through Swift Playgrounds. It’s an incredibly exciting and powerful way to learn.


Baca Juga:


Beberapa contoh gerakan yang dapat dilakukan memang terhitung sederhana. Seperti menggerakkan mainan dalam bentuk hewan, mengganti warna bola Sphero SPRK+ setiap berputar atau menabrak halangan lalu berputar dan beberapa mainan lainnya. Penasaran dengan tampilannya? Silahkan simak video berikut ini dari laman Endgadget yang mendapatkan kesempatan ekslusif dari Apple untuk mencoba Swift Playgrounds terbaru.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Bagi kamu yang belum pernah mencoba, Swift Playgrounds adalah aplikasi gratis di iPad dengan iOS 10 (ada di iPad Pro, iPad Air dan iPad Mini 2 atau lebih baru) untuk belajar dasar pemgrograman Swift. Pengguna tidak perlu membuat barisan kode yang rumit, namun bisa mengerti dasar logika dari bahasa pemrograman tersebut dalam bentuk sejenis permainan yang mudah dan tentunya tepat untuk anak atau pelajar usia dini.

[source site_name = “Apple” site_url = “https://www.apple.com/newsroom/2017/06/swift-playgrounds-expands-coding-education-to-robots-drones-and-musical-instruments/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest