Follow Us

Jelang WWDC 2017, Aplikasi 32-Bit Hilang dari Daftar Pencarian di App Store

Bagus Hernawan - Senin, 05 Juni 2017 | 08:58
Jelang WWDC 2017, Aplikasi 32-Bit Hilang dari Daftar Pencarian di App Store

Menjelang WWDC 2017 dengan salah satu rumor pembahasan utama berupa iOS 11, kini kabarnya aplikasi dengan arsitektur 32-bit tidak tampil di App Store. Lebih tepatnya adalah tidak hadir di daftar pencarian jika kamu menggunakan kata kunci dari nama aplikasi tersebut. Hal ini menjadi salah satu catatan terbaru bahwa iOS 11 akan berhenti mendukung aplikasi dengan arsitektur 32-bit, seperti beberapa catatan sebelumnya.

Ahead of WWDC kicking off tomorrow and the unveil of iOS 11, 32-bit applications have stopped appearing in App Store search results.

Bagi kamu yang masih ingat, tanda pertama bahwa aplikasi 32-bit akan resmi ditinggalkan ada pada update iOS 10.3. Setiap membuat aplikasi tersebut, Apple memberikan peringatan bahwa pengembang aplikasi harus merilis update dukungan ke versi 64-bit, atau aplikasi tersebut tidak dapat digunakan lagi pada waktu mendatang.


Baca Juga:


Kini peringatan tersebut kembali ditingkatkan dengan cara menghapus aplikasi 32-bit dari daftar pencarian untuk App Store. Namun dari catatan yang tim MakeMac dapatkan, aplikasi tersebut belum sepenuhnya hilang dari App Store. Kamu masih bisa mendapatkan aplikasi tersebut dari daftar Purchased atau tautan langsung di halaman web pengembangnya misal.

Apple sudah memberikan dukungan aplikasi 64-bit sejak merilis iPhone 5 pada bulan September 2013. Tidak lama setelah itu, standar aplikasi 64-bit menjadi hal yang diwajibkan untuk setiap pendaftaran aplikasi mulai tahun 2015. Di masa tersebut, Apple memberikan catatan pada update di iOS 9 yang menampilkan peringatan bahwa menjalankan aplikasi 32-bit akan membuat perangkat kamu berjalan lebih lambat.

Sebagai catatan tambahan, rumornya Apple sedang mempersiapkan CPU terbaru untuk iPhone yang hanya berjalan pada arsitektur 64-bit saja. Mungkin ini juga yang menyebabkan banyak aplikasi lawas yang tidak dirawat di App Store akan dihapus dan menghentikan dukungan aplikasi 32-bit secara sepenuhnya dalam waktu dekat.


Cara Mengecek Daftar Aplikasi 32-bit di iOS 10.3

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/06/04/32-bit-apps-ios-11/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest