Follow Us

Apple Resmi Umumkan iMac 2017 dan iMac Pro dengan Spek Kelas Atas

Andri Alfansyah - Selasa, 06 Juni 2017 | 04:03
Apple Resmi Umumkan iMac 2017 dan iMac Pro dengan Spek Kelas Atas

Sebagaimana diharapkan, Apple akhirnya mengumumkan sejumlah hardware baru dalam gelaran WWDC 2017 yang digelar tengah tadi malam. Salah satunya keluarga iMac generasi baru yang mengusung jeroan mesin termutakhir dan mumpuni.

Desain

Secara kasat mata, desain eksternal jajaran iMac generasi baru tidak mengalami banyak perubahan besar. Komputer Mac desktop tersebut masih mengusung desain yang mirip seperti model generasi sebelumnya. iMac generasi baru tersebut masih mengusung layar dengan bezel hitam dan bezel bawah putih dengan logo Apple di tengah. Serta memiliki bodi melengkung sehingga terkesan tipis.

Spesifikasi

Meski desain luar iMac generasi baru tak mengalami perubahan signifikan, Apple sudah mengupgrade jeroan mesin dan juga layarnya. Semua model iMac 2017 kini sudah dibekali dengan chip prosesor Intel Kaby Lake.

Selain punya otak pemrosesan yang diklaim lebih kencang daripada sebelumnya tersebut, varian iMac standar dengan layar 21,5 inci baru juga mengalami peningkatan di sisi grafis. Apple melengkapinya dengan kartu grafis Intel Iris Plus 640 dengan eDRAM 64MB.

Berikutnya iMac dengan layar 4K. iMac ini tersedia dalam dua model dengan kartu garfis Radeon Pro 555 dan 560; dan VRAM 8GB. Kartu grafis tersebut 3 kali lebih cepat atau 80 persen daripada sebelumnya.

Terakhir untuk model iMac dengan layar 5K, Apple menggunakan kartu grafis Radeon 570, 575, 580, dengan VRAM 8GB. Kartu grafis ini memiliki kecepatan hingga 5,5 teraflop.

Tidak hanya itu, iMac 2017 juga tidak dengan beragam port, seperti USB-A dan USB-C/Thunderbolt 3. Sektor layar iMac juga mengalami peningkatan hardware. Layarnya kini lebih terang 43 persen dengan 10 milyar warna.

iMac Pro

Keluarga iMac kehadiran anggota baru. Apple dalam gelaran WWDC 2017 mengumumkan iMac Pro yang punya spesifikasi paling canggih di antara semua model. Dari nama yang disandangnya, iMac ini dirancang buat menyasar kalangan profesional yang membutuhkan komputer desktop kinerja tinggi.

iMac Pro yang tersedia dalam warna Space Gray tersebut dilengkapi dengan spesifikasi kelas. Spesifikasinya menyamai spesifikasi yang dimiliki jajaran komputer Mac Pro.

Dalam cuplikannya, iMac Pro dipersenjatai dengan layar 5K, 4 port Thunderbolt 3 yang mendukung dua layar 5K, kamera FaceTime dengan resolusi 1080p, render 3D realtime, prosesor Xeon 8/10/16 inti dan bisa diupgrade hingga 18 inti, GPU Radeon Vega yang mampu memproses data 11 teraflop, memori ECC 32GB, dan Ethernet 10GB, kapasitas SSD 4TB.

Harga dan Ketersediaan

Lini iMac generasi baru dijual dengan harga mulai $1.099 buat model standar dengan layar 21,5 inci, $1.299 buat model dengan layar 4K, dan $1799 buat model dengan layar 5K. Sementara itu, iMac Pro rencananya bakal meluncur secara resmi pada bulan Desember dengan harga $4.999.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest