Follow Us

Apple Buka Akses Chip NFC di iPhone 7 lewat iOS 11

Andri Alfansyah - Kamis, 08 Juni 2017 | 16:01
Apple Buka Akses Chip NFC di iPhone 7 lewat iOS 11

Apple akhirnya membuka akses terhadap chip Near Field Communication (NFC) di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sehingga, hal ini memungkinkannya lebih dari sekadar untuk proses pembayaran mobile Apple Pay.

Dari dokumen yang dibagikan Apple kepada pengembang di WWDC seperti dilansir Engadget, iOS 11 versi beta sudah mendukung Core NFC di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Platform tersebut memungkinkan iPhone untuk membaca tag lainnya, tidak terbatas pada tag Apple Pay saja.

Dengan kata lain, aplikasi-aplikasi dari pengembang pihak ketiga bisa menggunakan NFC tersebut untuk memberikan informasi kepada pengguna. Contohnya adalah informasi produk yang mereka temukan di toko, museum, bioskop, dan lainnya.

….the new framework appears to let the chip in the latest iPhones read any tags – not just Apple Pay tags – and take action on them based on the phone’s location. NFC could open up more ways for iOS apps to communicate with connected devices and iPhones could also replace NFC-based keycards or transit passes like London’s Oyster card and the Bay Area’s Clipper card.


Baca juga:


Meski begitu, Apple disebutkan hanya mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk membaca tag NFC di muka. Jadi aplikasi tersebut tidak akan memberikan notifikasi secara otomatis saat tag terdeteksi berada di dekatnya.

Fungsi lain adalah Core NFC bisa mengaktifikan proses pairing iPhone dengan perangkat speaker Bluetooth. Namun Apple dispekulasikan tidak bakal mengizinkan hal tersebut karena untuk menjaga keeksklusifan proses pairing iPhone dengan chip W1 yang dimiliki AirPods.

[source site_name = “Engadget” site_url = “https://www.engadget.com/2017/06/06/ios-11-iphone-core-nfc-chip-more-than-apple-pay/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest