Follow Us

App Store di iOS 11 Gunakan Official API untuk Rating & Review

Bagus Hernawan - Senin, 12 Juni 2017 | 12:03
App Store di iOS 11 Gunakan Official API untuk Rating & Review

Beberapa waktu lalu Apple mengumumkan fitur baru untuk standarisasi layanan Rating & Review di App Store. Kini rencana itu sudah mulai dijalankan untuk update aplikasi yang mendukung iOS 11. Dikutip dari laman MacRumors, ada catatan baru di laman App Store Review Guidelines yang menjelaskan mengenai API standar dari Apple untuk fitur Rating & Review.

Use the provided API to prompt users to review your app; this functionality allows customers to provide an App Store rating and review without the inconvenience of leaving your app, and we will disallow custom review prompts.

Sesuai dengan kutipan di atas, para pengembang aplikasi wajib menggunakan API yang diberikan oleh Apple untuk mode Rating & Review. Kelebihan utama dari API baru tersebut adalah integrasi ke aplikasi yang sedang kamu gunakan, langsung memberikan penilaian serta pendapat mengenai aplikasi tersebut tanpa perlu berpindah ke App Store. Mode kustomisasi tampilan untuk meminta kamu memberikan Rating & Review juga sepenuhnya dilarang oleh Apple dengan peraturan baru tersebut.


Baca Juga:


Sebagai catatan tambahan, pengguna juga hanya akan mendapatkan jendela permintaan untuk mengisi Rating & Review sebanyak maksimal 3 kali dalam setahun. Setelah kamu mengisi penilaian tersebut, pengembang tidak akan bisa “mengganggu” pengguna dengan permintaan yang sama. Bahkan kamu juga bisa mematikan fitur ini agar tidak tampil sama sekali. Yaitu di perangkat iOS 11, masuk ke Settings – iTunes & App Store – In-App Ratings & Reviews – OFF.

Nantinya jika sistem ini sudah berlaku secara sepenuhnya, pengembang aplikasi tidak bisa lagi meminta update Rating & Review dari para pengguna setiap merilis versi baru dari aplikasinya. Dengan cara tersebut, sistem penilaian terhadap aplikasi di App Store juga akan bersifat kumulatif dari versi sebelumnya hingga versi terbaru saat ini. Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca di App Store Review Guidelines bagian 1.1.7 mengenai App Store Reviews.

Bagaimana pendapat kamu mengenai peraturan baru dari Apple di fitur Rating & Review untuk App Store iOS 11? Apakah akan merugikan pengembang atau sebaliknya? Bagikan di kolom komentar ya!


Wajah Baru App Store di iOS 11: Tab Today, Games, Apps dan Mode Editorial

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/06/09/ios-11-in-app-ratings/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest