Follow Us

Berpidato di MIT, Tim Cook Ejek Komputer Windows

Andri Alfansyah - Senin, 12 Juni 2017 | 15:02
Berpidato di MIT, Tim Cook Ejek Komputer Windows

CEO Apple Tim Cook pada Jumat akhir pekan lalu menghadiri undangan untuk memberikan pidato pembukaan di acara kelulusan para mahasiswa di universitas paling prestisius di dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sebagaimana dikutip MacRumors, Tim Cook dalam pidatonya menceritakan pengalamannya mengenai pencarian tujuan dari hidupnya dengan menempuh berbagai cara. Di saat yang sama, dia mengejek komputer Windows yang digunakannya untuk bereksperimen.

Namun sayang hasilnya kurang memuaskan. Bos Apple mengatakan bahwa eksperimen dengan menggunakan komputer pribadi dengan platform yang dibuat Microsoft tersebut berakhir sia-sia.

I tried meditation. I sought guidance and religion. I read great philosophers and authors. In a moment of youthful indiscretion, I might even have experimented with a Windows PC. And obviously that didn’t work.

Tidak sebentar. Pencarian tujuan hidup yang dilakukan Tim Cook berlangsung selama 15 tahun lamanya. Akhirnya pencariannya selama belasan tahun membuahkan hasil, dia menemukan jawabannya di Apple di mana dia bergabung pada 1998.

Tim Cook mengetakan bahwa Steve Jobs (alm.) dan Apple membebaskannya untuk menyerahkan diri ke dalam pekerjaan dan merangkul misi mereka dan menjadikannya miliknya sendiri. Dan pertanyaan paling besar dan paling penting adalah bagaimana melayani umat manusia, pungkasnya.

It was in that moment, after 15 years of searching, that something clicked. I finally felt aligned with a company that brought together challenging, cutting edge work with a higher purpose. Aligned with a leader who believed that technology which didn’t exist yet could reinvent tomorrow’s world. Aligned with myself and my own deep need to serve something greater. Of course, at that moment I don’t know all of that. I was just grateful to have a psychological burden lifted. But with the help of hindsight, my breakthrough makes more sense. I was never going to find my purpose working some place without a clear sense of purpose of its own. Steve and Apple freed me to throw myself into the work and embrace their mission and make it my own. How can I serve humanity? This is life’s biggest and most important question.


Baca juga:


Di akhir pidatonya di hadapan semua mahasiswa dan sivitas akademika MIT, Tim Cook mengingatkan untuk mengggunakan pikiran, tangan, dan hati untuk melakukan sesuatu yang besar daripada kita sendiri. Melakuka yang terbaik untuk semua orang memiliki tujuan dan harapan yang baik.

Kehadiran Tim Cook di MIT menyusul dia awal pekan lalu membuka acara Keynote WWDC 2017. Dalam acara tahunan pengembang itu, dia mengumumkan 6 produk baru yang terdiri dari software dan juga hardware, seperti iOS 11, macOS High Sierra, iPad Pro 10,5 inci, HomePod, dan lainnya.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/06/09/tim-cook-mit-commencement-address-video/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest