Follow Us

Laporan ini Temukan Kecurangan di App Store Hingga $80 Ribu Setiap Bulan

Bagus Hernawan - Selasa, 13 Juni 2017 | 12:41
Laporan ini Temukan Kecurangan di App Store Hingga $80 Ribu Setiap Bulan

App Store dengan beragam games dan aplikasi,bisa menjadi ladang pendapatan besar untuk para pengembang berbakat. Namun ternyata popularitas App Store ini diam-diam dimanfaatkan oleh banyak aksi scam alias penipuan. Dikutip dari catatan Johnny Lin di laman Medium, dia menemukan sebuah aplikasi yang kemungkinan besar melakukan aksi kecurangan tersebut dengan beberapa indikator sederhana.

Dengan menyamar sebagai aplikasi yang menjanjikan akses VPN, aplikasi yang masuk ke daftar 10 besar Productivity ini ternyata telah memakan banyak korban. Yaitu pendapatan bulanan yang kabarnya menembus angka $80 ribu lewat konten berlangganan in-app purchase.

I check Sensor Tower for an estimate of the app’s revenue, which showed… $80,000 per month?? That couldn’t possibly be right. Now I was really curious.

Bagaimana analisa yang dilakukan oleh Johnny Lin mengenai aplikasi tersebut? Pertama adalah nama aplikasi yang tidak konsisten, ada huruf besar dan kecil dengan banyak penggunaan yang salah. Deskripsi aplikasi juga terlihat berantakan dan mengindikasikan bahwa pengembang tersebut kemungkinan besar menggunakan layanan terjemahan ke bahasa Inggris.


Baca Juga:


Benar saja, ketika dicek lebih lanjut aplikasi VPN ini didaftarkan atas nama pengembang perseorangan yaitu “Ngan Vo Thi Thuy”. Sebuah hal yang cukup aneh untuk layanan VPN yang biasanya didaftarkan atas nama perusahaan besar. Lebih aneh lagi jika membaca bagian deskripsi, aplikasi ini menjanjikan perangkat iOS bisa digunakan lebih aman dan juga bebas virus. Padahal sistem operasi iOS tidak mengenal kata virus seperti ketakutan yang dibuat-buat oleh deskripsi di aplikasi tersebut.

Analisa selanjutnya adalah penggunaan aplikasi. Tampilan yang ada di aplikasi tersebut terkesan seadanya dan saat dibuka pertama kali sudah meminta akses data kontak pengguna. Setelah itu kamu hanya dapat menggunakan layanan ini dalam waktu singkat dan permintaan untuk berlangganan VPN lewat in-app purchases dalam harga yang sangat tidak masuk akal. Yaitu $99.99 untuk akses selama sepekan yang berarti hampir $400 dalam sebulan. Jika hal ini dilakukan oleh sekitar 200 pengguna yang ada di dunia, aplikasi dengan banyak kecurangan ini bisa mendapatkan pendapatan hingga $80 ribu dalam sebulan seperti analisa dari layanan Sensor Tower – itu belum dipotong bagian untuk Apple sebesar 30%.

Penjelasan berikutnya yang dberikan adalah kemungkinan dari penggunaan fitur Search Ads dari para pengembang curang di App Store. Layanan untuk mengiklankan aplikasi agar tampil sebagai hasil pencarian paling atas ini, memang bisa dibilang masih sangat baru di App Store. Hal tersebut memicu beberapa celah untuk menampilkan aplikasi yang terlihat sangat menarik padahal isinya biasa saja namun dengan fitur berlangganan yang memiliki harga sangat tinggi serta fitur auto renewal – perpanjang otomatis.

Sebagai penutup, Johhny Lin juga memberikan beberapa tips untuk Apple dan para pengguna App Store untuk menghindari terkena jebakan oleh aplikasi sejenis. Yaitu mempelajari cara menghentikan langganan in-app purchases, proses Refunds dari Apple serta saran untuk tim App Store agar lebih memperketat pengawasan pada aplikasi yang diduga berisi kecurangan.


Rekor Pendapatan Pengembang di App Store Mencapai $70 Miliar

[source site_name = “Medium” site_url = “https://medium.com/@johnnylin/how-to-make-80-000-per-month-on-the-apple-app-store-bdb943862e88”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest