Follow Us

Spotify Uji Coba Sistem Sponsored Song, Begini Cara Kerjanya

Bagus Hernawan - Selasa, 20 Juni 2017 | 11:04
Spotify Uji Coba Sistem Sponsored Song, Begini Cara Kerjanya

Jika sebelumnya Spotify sudah melakukan kerjasama dengan para label musik untuk membuat konten album baru hanya dapat dinikmati pengguna Premium di awal rilis, kabarnya sekarang ada strategi baru untuk mencari pendapatan. Dikutip dari laman Engadget, Spotify sedang mencoba fitur Sponsored Song untuk menyelipkan lagu di Playlists yang sedang kamu putar. Bisa dibilang metode iklan ini bersifat pay-to-play bagi label musik atau musisi yang menggunakan jasa tersebut.

Spotify is testing a “Sponsored Song” program that slips tracks into playlists you follow, and possibly elsewhere on the service

Masih dikutip dari laman sumber, lagu tersebut akan masuk ke Playlists yang sudah kamu buat atau Follow, agar diputar oleh para pengguna Spotify di dunia. Kamu tentunya bisa memilih untuk masuk ke lagu berikutnya jika tidak ingin mendengarkan musik dari pengguna jasa iklan tersebut. Sistem iklan ini bisa dibilang meniru konsep daftar lagu di radio yang selama ini mungkin kita kenal. Yaitu artis musik yang sedang hits, melakukan promosi kepada sebuah radio dan meminta penyiar alias DJ untuk memutar lagu tersebut secara lebih sering dalam waktu tertentu misalnya.


Baca Juga:


Bagi pengguna Spotify Premium, kedatangan satu atau dua lagu yang asing dari Playlist kamu bukan hal ribet yang harus dilewati. Namun ini berbeda dengan pengguna gratisan yang artinya tidak bisa sembarangan mengganti lagu atau Skip Track, karena keterbatasan yang diberikan oleh Spotify untuk para pelanggan gratis. Secara tidak langsung, metode Sponsored Song ini juga mengajak kamu beralih dari akses Spotify secara gratis menjadi Spotify Premium sembari memberikan kesempatan beriklan untuk para musisi dan label musik.

Kapan fitur ini akan rilis untuk pengguna umum? Belum ada keterangan yang menyebutkan bahwa fitur ini akan hadir dalam waktu dekat. Spotify masih terus menguji fitur Sponsored Post pada sebagian kecil kalangan dan akan memperbesar cakupannya dalam yang akan datang. Bagaimana pendapat kamu mengenai ide Spotify untuk menghadirkan Sponsored Song? Bagikan di kolom komentar ya!


Panduan Lengkap Membuat Akun dan Berlangganan Spotify

[source site_name = “engadget” site_url = “https://www.engadget.com/2017/06/19/spotify-sponsored-songs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest