Follow Us

Apple Dapat Paten AR Baru Tentang Aplikasi Desain Interior & Poster Film

Andri Alfansyah - Rabu, 21 Juni 2017 | 12:14
Apple Dapat Paten AR Baru Tentang Aplikasi Desain Interior & Poster Film

Apple dikabarkan sudah mendapatkan dua paten teknologi baru yang berkaitan dengan aplikasi yang mendukung platform Augmented Reality (AR). Platform tersebut rencananya siap disematkan di iOS 11.

Seperti dilansir Patently Apple, dua paten baru Apple yang “Method of image processing for an augmented reality application” tersebut adalah aplikasi desain interior dan aplikasi poster film. Kedua aplikasi itu disebutkan menggunakan teknologi dari Metaio, perusahaan AR yang diakuisisi Apple di tahun 2015.

Paten pertama menjelaskan soal aplikasi AR yang mirip seperti didemokan SVP of Software Engineering Craig Frederighi dalam event WWDC lalu. Yaitu berkaitan dengan pengaturan letak furniture dalam bentuk 3D. Contohnya, sofa di sebuah ruangan yang bisa dipindahkan secara real-time tanpa harus menyentuhnya fisik.

For example, augmented interior design could superimpose a virtual sofa to the camera image of the real environment of the room in a correct perspective. This application could visually support furniture arrangement in the room without having to move them physically. For this, an accurate pose of the camera with respect to the room is mandatory.

Kehadiran paten ini menyusul perusahaan furniture asal Swedia, Ikea, kemarin mengungkapkan sudah menjalin sama dengan Apple untuk merilis aplikasi AR pertama di iOS 11. Aplikasi AR dari Ikea bakal memudahkan konsumen dalam memilih produk furniture sebelum membeli.


Baca juga:


Adapun aplikasi AR kedua bakal sangat menarik bagi para pengguna khususnya penggemar film. Hanya dengan mengarahkan kamera iPhone atau iPad ke poster film, kamu bisa langsung melihat video trailer di perangkat milkmu.

Aplikasi AR mengenai furnitur dan juga poster film bisa dipastikan bakal hadir di iOS 11 yang rencananya dirilis September mendatang. Selain berencana menghadirkan dukungan terhadap platform AR di perangkat iOS dan komputer Mac, Apple dirumorkan sedang mengembangkan produk AR berupa Smart Glass. Sayangnya, tidak diketahui kapan produk ini bakal diluncurkan.

[source site_name = “Patently Apple” site_url = “http://www.patentlyapple.com/patently-apple/2017/06/apple-wins-an-ar-patent-that-made-their-wwdc-2017-demo-of-moving-virtual-ikea-furniture-on-a-table-come-to-life.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest