Follow Us

Apple Bersihkan App Store dari Ratusan Ribu “Aplikasi Sampah”

Bagus Hernawan - Kamis, 22 Juni 2017 | 12:00
Apple Bersihkan App Store dari Ratusan Ribu “Aplikasi Sampah”

Apple masih terus mengerjakan tugasnya untuk merapikan App Store, menghapus ratusan ribut aplikasi yang melanggar aturan dan bisa dibilang sebagai aplikasi sampah. Dikutip dari laman 9to5Mac, fokus bersih-bersih dari Apple untuk beberapa waktu ke depan adalah aplikasi yang mencontek aplikasi lain dalam bentuk tipuan, baik secara desain dan beberapa aspek lainnya.

The App Store Review guidelines state that “apps created from a commercialized template or app generation service will be rejected,” and this is apparently an area where Apple is putting its foot down this year

Salah satu contoh mudah yang dapat kamu temukan adalah ratusan aplikasi yang mencontek Flappy Bird. Ya, games dengan permainan sederhana dan penggunaan satu tangan ini sempat sangat ngetop beberapa tahun lalu dan mendatangkan beragam aplikasi tiruan dengan nama yang mirip, tiruan desain yang dibuat dengan mudah dan tujuan untuk menipu pengguna dari aplikasi sebenarnya.


Baca Juga:


Masalah lain yang menjadi fokus Apple adalah aplikasi streaming service palsu alias tidak menggunakan lisensi musik. Disebut begitu karena sumber musik yang digunakan adalah konten ilegal, disimpan pada sebuah server khusus dan membuat pihak Apple cukup kesulitan untuk mendeteksi serta melakukan pelacakan. Pelanggaran berikutnya adalah memanfaatkan fitur berlangganan di App Store dengan harga yang sangat mahal dan konten fitur yang dianggap bernilai rendah. Selain beberapa kriteria tadi, Apple juga punya fokus tambahan yang membuat mereka bisa menghapus ratusan ribu aplikasi yang sudah tidak layak untuk berada di App Store. Yaitu aplikasi yang tidak pernah diunduh selama beberapa tahun dan juga aplikasi yang tidak mendukung arsitektur 64-bit dan tidak merespon peringatan dari Apple.

Bagi kamu yang belum tahu, program bersih-bersih App Store sebetulnya sudah berlangsung sejak November 2016. Apple menghapus 47 ribu aplikasi yang dianggap melanggar aturan dan tidak diurus oleh pengembangnya selama waktu yang telah ditetapkan. Sebentar lagi dengan kehadiran iOS 11 untuk pengguna umum dengan App Store berwajah baru, pastinya jenis aplikasi yang tampil di bagian Today menjadi hal yang sangat penting baik untuk Apple maupun pengguna App Store.


Wajah Baru App Store di iOS 11: Tab Today, Games, Apps dan Mode Editorial

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/06/21/apple-ramping-up-app-store-cleaning-efforts-has-already-removed-hundreds-of-thousands-of-apps/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest