Follow Us

Apple Fanboy dari Indonesia Membuat Trailer Star Wars The Last Jedi dengan Apple IIC

Bagus Hernawan - Jumat, 30 Juni 2017 | 14:56
Apple Fanboy dari Indonesia Membuat Trailer Star Wars The Last Jedi dengan Apple IIC

Menjadi penggemar produk Apple bisa diwujudkan dalam beragam cara oleh para Apple Fanboy di seluruh dunia. Salah satunya adalah Wahyu Ichwandardi (@Pinot atau @Pinotski) yang mempunyai sebuah koleksi Apple IIc dari tahun 1984. Dia menggunakan satu set perangkat komputer tersebut dengan beberapa aksesoris tambahan, aplikasi desain grafis dan bakat seni untuk membuat sebuah video animasi pendek.

Tidak sekedar video animasi biasa, namun Pinot membuat remake dari trailer film Star Wars – The Last Jedi. Tentunya dengan komputer berumur 33 tahun tersebut, video yang dihasilkan menggunakan tampilan sangat klasik yaitu warna hijau hitam dan grafis pixelated yang sangat khas. Penasaran? Simak dulu videonya berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Selain video di atas, Pinot juga membagikan cerita singkat mengenai karya yang dibuatnya selama 3 pekan ini dalam bentuk video. Yaitu perangkat keras Apple IIc (1984) dan aplikasi Dazzle Draw serta KoalaPad+ dari tahun 1984 sebagai digital drawing tablet di masa tersebut.

Kendala sekaligus tantangan paling besar yang dialami adalah keterbatasan teknologi di komputer tersebut. Yaitu aplikasi Dazzle Draw yang belum mengenal sistem layering pada gambar, sehingga perlu teknik manual untuk mendapatkannya. Pinot menggunakan selembar plastik transparan sebagai panduan tambahan dan format layer yang sangat manual. Bahkan di beberapa adegan, dia mencetak gambar yang harus membutuhkan detail cukup tinggi dari video Star Wars – The Last Jedi lewat komputer MacBook Pro ke plastik transparan tersebut dan menjadikannya sebagai pola dasar untuk “melukis” di Dazzle Draw.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Bicara ukuran file dan format penyimpanan dokumen, disket adalah nama yang mungkin sudah cukup asing bagi sebagian kalangan muda. Dalam membuat video dengan durasi tidak sampai 2 menit ini, Pinot memerlukan 48 disket (floopy disk) baik dalam wujud fisik serta virtual lewat perangkat adapter tambahan. Jumlah dokumen gambar dengan format BMP yang dibuat juga terhitung sangat banyak, 299 dokumen dengan total semuanya hanya sebesar 6MB. Setelah semua gambar selesai dibuat, proses akhirnya yaitu menggabungkan gambar dan penambahan musik dilakukan di komputer MacBook Pro.

Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest