Follow Us

Pemerintah Tiongkok Mulai Blokir WhatsApp di Fitur Kirim Foto dan Video

Bagus Hernawan - Rabu, 19 Juli 2017 | 10:34
Pemerintah Tiongkok Mulai Blokir WhatsApp di Fitur Kirim Foto dan Video

Sejumlah pengguna WhatsApp di Tiongkok kabarnya tidak dapat menikmati fitur kirim dan terima dokumen multimedia di perangkat mobile device mulai beberapa waktu lalu. Dikutip dari laman NYT, kabarnya pemerintah setempat sedang dalam proses untuk memblokir layanan milik Facebook tersebut.

WhatsApp, a messaging app used across the globe, was partly blocked by Chinese filters, leaving many unable to send videos and photos and some also unable to send text-based messages.

Bagi kamu yang belum tahu, sosial media Facebook sudah diblokir sejak lama oleh pemerintah Tiongkok karena tidak mau menuruti aturan dasar penggunaan internet di negara tersebut. Yaitu mendirikan server dan berada di bawah pengawasan khusus oleh pemerintah yang dikenal dengan istilah The Great Firewall. Produk milik Facebook lainnya yaitu Instagram juga sudah beberapa waktu lalu mendapatkan perlakukan yang serupa.


Baca Juga:


Kini tinggal WhatsApp yang masih bertahan meskipun dengan fitur kirim dokumen foto dan video yang tidak dapat digunakan. Bahkan menurut penjelasan lebih lanjut, sejumlah pengguna WhatsApp di Tiongkok tidak dapat lagi menikmati aplikasi ini secara total. Pihak WhatsApp belum memberikan konfirmasi mengenai hal ini.

Download WhatsApp Messenger ร‚ยท Harga: Gratis

Berpindah ke berita lainnya, Telegram Messenger sebagai pesaing WhatsApp sempat mendapatkan pemutusan akses dari pemerintah di Indonesia. Hal ini dilakukan Kominfo karena pihak Telegram tidak memberikan respon atas laporan pemerintah Indonesia seputar laporan penggunaan Telegram, oleh pihak penyebar paham radikalisme dan terorisme. Namun di catatan terbarunya, pihak Telegram sudah meminta maaf dan menawarkan beberapa solusi dan disambut baik oleh pihak pemerintah di Indonesia.


Kominfo Rilis Catatan Terbaru Seputar Akses Aplikasi Telegram di Indonesia

[source site_name = “NYT” site_url = “https://www.nytimes.com/2017/07/18/technology/whatsapp-facebook-china-internet.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest