Follow Us

(Mini Review) iOS 11 Developer Beta 4: 5 Fitur Baru yang Paling Penting

Bagus Hernawan - Selasa, 25 Juli 2017 | 17:31
(Mini Review) iOS 11 Developer Beta 4: 5 Fitur Baru yang Paling Penting

Update iOS 11 Developer Beta 4 sudah dapat diunduh oleh para pengembang yang terdaftar di Apple Developer mulai hari ini. Tim MakeMac sudah mencoba update ini dan menemukan beberapa hal menarik yang ingin saya bagikan. Berikut ini 5 perbaikan penting di iOS 11 Developer Beta 4 baik secara fitur dan kestabilan sistem. Simak info lengkapnya:

5 Fitur Baru yang Paling Penting di iOS 11 Developer Beta 4

1. Mode Swipe di Notification Center

Di versi iOS 11 Beta sebelumnya, Apple menghapus mode swipe di Notification Center pada bagian Lockscreen. Kamu harus menekan dan tahan layar untuk menampilkan mode balas cepat atau shortcut yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Namun kini mode swipe dari kanan ke kiri yang sebelumnya ada di iOS 10 sudah dapat kamu gunakan lagi, bahkan lebih lengkap. Yaitu swipe dari kanan ke kiri untuk mode View atau Clear dan arah sebaliknya untuk Open.

2. Animasi Baru untuk Menggunakan Touch ID

Masih di Notification Center, jika kamu melakukan swipe dan pilih Open akan tampil animasi baru untuk membuka kuncian layar dengan mode Touch ID atau Passcode Lock. Tampilan ini menggantikan mode lama yaitu menampilkan keyboard angka virtual yang selama ini kamu kenal. Menurut saya ini cukup menarik karena kamu akan diarahkan untuk lebih sering menggunakan Touch ID – misalkan saat di tempat publik agar kombinasi Passcode Lock yang kamu gunakan lebih jarang diintip oleh orang lain.

3. Tiga Perubahan Baru di Settings

Aplikasi Settings mendapatka 3 perubahan ringan yang cukup penting di iOS 11 Developer Beta 4. Berikut ini daftarnya:

  • Settings – General – About – Capacity. Bagian penjelasan kapasitas penyimpanan di iPhone, iPad dan iPod Touch yang menggunakan iOS 11 Developer Beta 4 ini sekarang menampilkan storage asli dari perangkat yang kamu gunakan. Yaitu 64GB, 128GB atau lainnya. Ya, berbeda dengan tampilan sebelumnya yang hanya menampilkan kapasitas penyimpanan yang dapat kamu gunakan – setelah dipotong oleh tempat penyimpanan file system iOS yang digunakan.
  • Settings – General – AirDrop. Jika sebelumnya kamu hanya bisa mengaktifkan AirDrop dari Control Center, kini mode tersebut bisa diaktifkan lewat aplikasi Settings.
  • Settings – Accounts & Passwords. Apple hanya mengubah ikon di bagian ini secara minor. Yaitu gambar kunci yang tadinya horisontal, kini dibuat menjadi vertikal dan lebih rapi jika melihat desain ikon lainnya.

Baca Juga:


4. Swipe To Refresh di App Store

App Store baru di iOS 11 memang tampil sangat menarik dengan beragam kontek editorial, namum sayangnya secara fitur masih banyak perubahan yang harus terus ditingkatkan. Nah khusus untuk versi iOS 11 Developer Beta 4, Apple memberikan fitur yang sudah lama saya tunggu. Yaitu mode Swipe dari atas ke bawah pada tab Updates. Mode ini dapat kamu gunakan untuk melakukan refresh dari daftar aplikasi yang perlu kamu update – tidak perlu keluar dari aplikasi App Store dan menutupnya dari app switcher.

5. Peningkatan Fitur Screen Recording

Fitur mereka aktivitas layar atau disebut Screen Recording, kembali diperbaiki oleh Apple di iOS 11 Developer Beta 4. Pertama adalah mode rekaman yang dibuat lebih mudah dan cepat. Tinggal akses dari Control Center, tekan tombol Screen Recording dan hitungan mundur akan dimulai dari angka 3 hingga dimulai. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi memotong awalan video yang tidak diperlukan karena masih menampilkan Control Center atau bagian yang tidak ingin kamu bagikan.

Sistem Lebih Stabil dan Ringan

Saya saat ini mencoba iOS 11 Beta perangkat iPad Mini 4 sejak versi Beta pertama. Jika dibandingkan beta sebelumnya, iOS 11 Developer Beta 4 jauh lebih stabil dalam beragam fitur dasar seperti akses Homescreen, Notification Center, Lockscreen dan beragam apliakasi bawaan. Terutama untuk bagian Homescreen, iOS 11 Developer Beta 4 tidak lagi mengalami masalah seperti tiba-tiba Restart karena perubahan orientasi layar atau beberapa kegiatan lainnya.

Fitur Screen Recording juga sudah jauh lebih stabil dan dapat digunakan dengan lebih nyaman. Selama percobaan di hari pertama ini saya tidak lagi menemukan kendala saat merekam layar seperti yang terjadi di Beta sebelumnya yaitu hasil video dengan warna yang aneh atau orientasi yang salah. Semoga saja Apple terus meningkatkan perbaikan yang sama untuk fitur lainnya di versi iOS 11 Beta selanjutnya.

Bagi kamu yang masih menggunakan iOS 10, silakan tetap bertahan di versi untuk pengguna umum saja ya. Terutama jika kamu hanya memiliki sebuah perangkat iOS dan digunakan untuk perangkat kerja atau komunikasi utama. Update iOS 11 untuk pengguna umum akan dirilis Apple pada musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September mendatang.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest