Follow Us

Bukti Pembelian di iTunes Bocorkan Persiapan Konten Film 4K

Bagus Hernawan - Senin, 31 Juli 2017 | 09:58
Bukti Pembelian di iTunes Bocorkan Persiapan Konten Film 4K

Layanan iTunes Store selama ini masih mendukung format video paling tinggi di resolusi full HD alias 1080p. Namun kabarnya sejumlah pengguna menemukan catatan bahwa Apple akan segera mendukung teknologi 4K dan HDR di konten film yang dapat kamu beli di iTunes Store.

Dikutip dari laman MacRumors, sejumlah pengguna di beberapa negara menemukan data ini dari Purchase History dan juga detail informasi konten yang dibelinya lewat email. Tercatat beberapa film di tahun 2016 punya deskripsi pada bagian Type yang menggunakan format 4K dan HDR. Namun sayangnya setelah diunduh, video yang diberikan hanya menggunakan resolusi 1080p atau 720p, tergantung konten dan perangkat yang kamu gunakan.

..we can confirm the film indeed has “4K, HDR” next to it in our iTunes purchase history. Nevertheless, iTunes lists the movie’s video quality as 720p.


Baca Juga:


Tampilan serupa juga hadir di konten film yang didapatkan dengan sistem Rent atau sewa. Namun setelah dicek lebih lanjut, tidak semua konten mendapatkan catatan yang sama dan bahkan konten serupa bisa saja mendapatkan catatan berbeda di iTunes Store negara lain. Mungkin Apple memang masih dalam tahap ujicoba untuk segera menghadirkan format 4K dan mode HDR (High Dynamic Range) video di iTunes Store.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple memang masih bertahan di konten 1080p sebagai resolusi tertinggi yang didukung oleh iTunes Store dan Apple TV generasi terbaru. Alasan ini cukup masuk akal karena koneksi yang diperlukan untuk mengunduh dokumen video 4K tentunya harus cukup kencang dan perlu storage sangat besar. Dari beberapa catatan yang saya temukan, sebuah film dengan durasi 2 jam perlu kapasitas penyimpanan sekitar 100GB jika menggunakan resolusi 4K. Tentunya hal tersebut tidak bisa kamu lakukan di Apple TV generasi 4 yang hanya tersedia dalam storage 32GB dan 64GB.

Masih dari laman sumber, rumornya Apple akan merilis Apple TV generasi 5 dari bocoran catatan milik sebuah pengembang games. Dari catatan koneksi yang diberikan, perangakt ini menggunakan kode pengenal AppleTV6,2 dan IP Address yang dicatat berasal dari daerah Cupertino, kantor utama Apple di California, Amerika Serikat. Apakah perangkat tersebut akan rilis dalam waktu dekat? Kita tunggu saja ya!


Diwawancarai WSJ, Jony Ive Ungkap Jadwal Pindah Tim Desainnya ke Apple Park

[source site_name = “Macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/07/28/apple-listing-select-itunes-movies-as-4k-hdr/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest