Follow Us

Apple Hapus Beragam Aplikasi VPN di App Store Tiongkok, Apa Alasannya?

Bagus Hernawan - Senin, 31 Juli 2017 | 10:59
Apple Hapus Beragam Aplikasi VPN di App Store Tiongkok, Apa Alasannya?

Apple kabarnya telah menghapus beragam aplikasi dengan fitur VPN (Virtual Private Network) untuk App Store di regional Tiongkok. Informasi ini berasal dari beberapa developer aplikasi VPN yang mendapatkan pemberitahuan dari iTunes Connect. Hal ini tidak berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi tersebut di regional lain, misalkan di Indonesia atau Amerika Serikat. Apa alasan Apple melakukan hal tersebut? Berikut ini kutipan catatan resminya:

We have been required to remove some VPN apps in China that do not meet the new regulations. These apps remain available in all other markets where they do business.

Sesuai dengan kutipan di atas, hal ini dilakukan oleh Apple untuk mengikuti regulasi dari pemerintah Tiongkok, khususnya Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi. Ya, Tiongkok punya aturan baru mengenai penggunaan dan peredaran aplikasi VPN di negara mereka. Setiap aplikasi VPN yang beredar dan dapat digunakan di negara tersebut, harus terdaftar di pemerintahan atau telah mendapatkan tanda sertifikasi resmi.


Baca Juga:


Bagi kamu yang belum tahu, VPN adalah layanan untuk membuat koneksi internet yang kamu gunakan bisa seolah-olah berada di server luar negeri. Layanan ini biasa digunakan di Tiongkok untuk mengatasi blokir pemerintah dalam beberapa akses internet seperti tidak bisa membuka Facebook, Twitter, Instagram atau mungkin website favorit yang ditutup oleh pemerintah setempat. Kini dengan peraturan baru yang diberikan, pengguna internet di Tiongkok akan semakin kesulitan untuk mendapatkan akses beragam website di dunia internasional.

Bagaimana pendapat kamu mengenai pemerintah Tiongkok yang membatasi akses VPN di negaranya? Bagikan di kolom komentar ya!


8 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau ada Apple Store di Indonesia

[source site_name = “Techcrunch” site_url = “https://techcrunch.com/2017/07/30/apple-issues-statement-regarding-removal-of-unlicensed-vpn-apps-in-china/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular