Follow Us

Apple Menolak Teknologi Progressive Web App di Safari for iOS

Bagus Hernawan - Rabu, 02 Agustus 2017 | 17:53
Apple Menolak Teknologi Progressive Web App di Safari for iOS

Progressive Web Application (PWA) adalah salah satu teknologi baru dari pengembangan website untuk pengguna di perangkat mobile. Berbeda dengan website biasa, teknologi ini memberikan akses JavaScript dan beberapa fitur menarik yang membuatnya powerfull, punya fitur seperti aplikasi resmi di perangkat mobile device. Seperti notifikasi, akses tanpa koneksi internet atau app loading screen. Namun menurut Greb Blas, seorang pengembang aplikasi dan web developer, Apple tidak berniat untuk mendukung PWA di perangkat iOS khususnya Safari.

Dia mendokumentasikan catatan yang cukup panjang mengenai beberapa cara dan usaha yang dilakukan untuk menjalankan website dengan teknologi PWA di Safari. Namun semuanya berakhir buntu dan bahkan pihak Apple tidak menanggapi setiap komplain yang dia sampaikan. Menurut Blas, Apple memang tidak ingin teknologi ini berkembang di iOS agar para pengembang aplikasi tetap memproduksi aplikasinya di App Store lewat akun Apple Developer.

Apple treats web apps like second class citizens because they don’t generate money like native apps in the app store.


Baca Juga:


Masih dari laman sumber, Blas juga menjelaskan banyak hal mengenai kelebihan Progressive Web Applications yang dia gunakan untuk beragam projek buatannya. Kemudahan teknologi ini membuatnya dan mungkin beragam pengusaha di bidang startup dapat lebih fokus pada pengembangan konten atau layanan mereka. Ya, bukan malah menghabiskan biaya, waktu dan tenaga untuk belajar bahasa pemrograman dari Apple (Objective-C/Swift) demi membuat aplikasi di App Store.

Bagi kamu yang belum tahu, salah satu contoh website yang menggunakan teknologi Progressive Web Application adalah Twitter Lite. Layanan akses Twitter untuk pengguna dengan koneksi terbatas ini mendukung push notifications dan juga akses offline di perangkat Android. Namun di Safari for iOS, beragam teknologi tersebut tidak dapat digunakan secara optimal karena batasan yang dibuat oleh Apple.

Bagaimana pendapat kamu mengenai teknologi Progressive Web Application? Apakah Apple akan membuka Safari alias memberikan dukungan untuk teknologi tersebut dalam waktu dekat? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “Greg Blas” site_url = “https://m.phillydevshop.com/apples-refusal-to-support-progressive-web-apps-is-a-serious-detriment-to-future-of-the-web-e81b2be29676”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest