Follow Us

UE Boom 2 dan UE MegaBoom, Speaker Nirkabel Tahan Air dan Kaya Fitur Canggih

Bagus Hernawan - Jumat, 04 Agustus 2017 | 17:48
UE Boom 2 dan UE MegaBoom, Speaker Nirkabel Tahan Air dan Kaya Fitur Canggih

Nama besar UE alias Ultimate Ears memang awalnya dikenal sebagai produsen Custom In-Ear Monitor yang mengincar para musisi kelas premium. Namun sejak diakuisisi Logitech pada tahun 2008, merek ini mulai fokus pada perangkat audio nirkabel seperti kedua speaker yang tim MakeMac gunakan saat ini yaitu UE Boom 2 dan UE MegaBoom. Di artikel ini saya akan berbagi reviewnya untuk kamu para Sahabat MakeMac yang sedang mencari speaker nirkabel. Baik digunakan sebagai pendamping perangkat iOS atau teman setia komputer Mac di meja kerja.

Mengenal UE Boom 2 dan UE Mega Boom

UE Boom 2 dan UE MegaBoom adalah speaker nirkabel dengan koneksi Bluetooth yang dapat kamu hubungkan dengan perangkat iOS, komputer Mac atau gadget lainnya. Perbedaan utama dari keduanya adalah fisik yaitu ukuran UE Boom 2 yang lebih kecil (saya bisa katakan sebesar botol minum kemasan air mineral ukuran sedang atau mungkin tumbler yang biasa kamu gunakan untuk membeli kopi). Sedangkan UE MegaBoom dibuat lebih besar hampir dua kali UE Boom 2 dan tentunya punya baterai lebih awet dan speaker yang sedikit lebih keras.

Dari warna dan desainnya saja, sudah jelas bahwa UE Boom 2 dan UE MegaBoom ditujukan untuk kamu penggemar musik yang suka tampil lebih mencolok dalam hal mendengarkan musik apalagi di tengah keramaian. Ya, ada beberapa pilihan warna asik di UE Boom 2 dan UE MegaBoom denga ketahanan baterai yang sangat panjang. Kamu bisa menggunakan UE Boom 2 hingga 15 jam sedangkan UE MegaBoom jauh lebih lama yaitu 20 jam. Keduanya hanya memerlukan waktu pengisian baterai sekitar 2.5 jam saja lewat port Micro USB dan charger yang diberikan dalam paket penjualannya.

Tahan Air dan Akses Tombol Mudah

Speaker dengan berat 548 gram dan 877 gram ini memiliki spesifikasi tahan air dengan sertifikasi IPX7 ya. Itu artinya dapat terbenam dalam air sedalam 1 meter dengan durasi 30 menit tanpa mengalami masalah apapun. Namun pastikan kamu sudah mengencangkan karet penutup di bagian bawah dengan baik dan benar, mencegah air masuk ke bagian dalam lewat sisi tersebut.

Bicara karet penutup, UE Boom 2 dan UE MegaBoom menyimpan semua port koneksinya di bagian bawah untuk tampilan yang ringkas. Mulai dari Micro USB untuk charging, 3.5mm aux-in untuk koneksi langsung ke iPod atau komputer tanpa Bluetooh serta sebuah tripod mount jika kamu ingin menggantung speaker ini. Tripod mount tersebut juga berfungsi ganda sebagai lubang sekrup untuk menutup karet bagian bawah dan harus kamu kencangkan dalam posisi (-) untuk menjaminnya tetap rapat dan tahan air.

Bagaimana dengan akses tombolnya? Ini yang saya suka dari kedua speaker tersebut. Tidak ada tombol yang terlalu berlebihan dan mengganggu seperti di beberapa jenis speaker lain. Pertama adalah tombol Bluetooth untuk mode koneksi di bagian atas yang bersanding dengan tombol Power. Sebagai catatan, jika kamu menggunakan perangkat iOS atau komputer Mac yang mendukung Siri dan sudah terhubung ke speaker, silakan tekan tombol Bluetooth 1x untuk menjadi akses cepat ke Siri. UE Boom 2 dan UE MegaBoom juga memiliki perangkat mikrofon untuk menerima input suara yang kamu berikan.

Selain Siri, fitur canggih lainnya yang dapat kamu gunakan dari tombol Bluetooth adalah menerima telepon. Ambil contoh kamu sedang memutar musik di tepi kolam renang lewat UE Boom2 dan tiba-tiba ada telpon penting yang harus diangkat padahal iPhone ada di dalam kamar. Tidak perlu pusing, tinggal tekan tombol Bluetooth di bagian atas untuk mengangkat telepon tersebut dan bicara kepada teman atau keluarga kamu lewat mikrofon yang ada di dalamnya.

Lanjut ke tombol di bagian depan, UE Boom 2 dan UE MegaBoom punya tombol volume yang cukup besar. Bentuknya mungkin agak terlalu besar bagi sebagian orang, namun bagi saya sih tidak masalah karena ini membuatnya enak untuk diraba saat tidak ingin mengalihkan pandangan dari kegiatan yang sedang kamu lakukan. Selain beberapa tombol tadi, ternyata sepasang speaker ini juga punya 2 cara akses rahasia! Ya, saya sebut rahasia karena tidak ada tombol yang harus kamu tekan namun berupa tepukan ringan.

Mode tepukan ringan ini dapat kamu lakukan di bagian atas UE Boom 2 dan UE Mega Boom dalam kemiringan 45 derajat atau sekitarnya. Tepuk sekali untuk Pause dan tepuk 2 kali untuk pindah ke lagu berikutnya. Sederhana ya! Fitur canggih ini biasa saya gunakan ketika jauh dari perangkat iPhone atau Mac yang terhubung dan ingin mengganti lagu saat itu juga.


Baca Juga:


Instal Aplikasinya dan Nikmati Beragam Fitur

Bagi kamu yang menggunakan UE Boom 2 dan UE MegaBoom dengan perangkat iOS, jangan lupa instal aplikasinya ya! Banyak fitur tambahan yang dapat kamu gunakan di dalam aplikasi ini seperti Equalizer, Alarm, Settings dan juga panduan dasar penggunaan perangkat. Pengguna juga bisa mengatur volume dengan tombol virtual di layar dan tentunya akses 2 fitur unggulan dari Ultimate Ears yaitu PartyUp serta Block Party.

Party Up adalah mode untuk menghubungkan speaker yang kamu gunakan dengan UE Boom 2 atau UE MegaBoom milik teman lainnya. Mode Multiple Speaker ini mendukung koneksi hingga 150 speaker untuk membuat acara pesta kamu lebih meriah dan ramai dengan musik di semua sudut ruangan atau beberapa ruang sekaligus.

Editor : Bagus Hernawan

Latest