Follow Us

Fitur SOS di iOS 11 Bisa Nonaktifkan Touch ID Dalam Kondisi Darurat

Bagus Hernawan - Jumat, 18 Agustus 2017 | 10:57
Fitur SOS di iOS 11 Bisa Nonaktifkan Touch ID Dalam Kondisi Darurat

Apple mengenalkan salah satu fitur keamanan baru di iOS 11 yaitu Emergency SOS. Sesuai dengan namanya, kamu dapat memanggil bantuan darurat saat dibutuhkan atau menelpon 911 jika berada di Amerika Serikat. Mode ini bisa diakses lewat sebuah cara cepat yaitu tekan Power Button sebanyak 5x berturut-turut. Uniknya fitur ini juga bisa digunakan untuk disable atau nonaktifkan Touch ID saat kamu mengalami kondisi darurat.

Laman MacRumors menjelaskan informasi ini dan memang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kamu tinggal tekan Power Button sebanyak 5x secara cepat. Layar perangkat iOS akan menampilkan 3 tombol yang bisa digeser yaitu Slide to Power Off, MedicalID dan Emergency SOS. Untuk disable atau nonaktifkan fitur Touch ID, silakan tekan tombol Cancel di bagian bawah. Kini kamu harus menggunakan Passcode Lock sebagai satu-satunya cara membuka kuncian di Lockscreen perangkat iOS 11. Sebagai tambahan, akses Touch ID juga bisa dimatikan jika kamu sudah selesai melakukan sebuah panggilan darurat.

Mungkin kamu bingung, kenapa fitur ini dianggap penting? Secara sederhana, mode nonaktifkan Touch ID ini bisa digunakan untuk membuat perangkat iOS 11 lebih aman. Terutama dari kondisi pencurian atau mungkin disertai tindakan mengancam dari orang jahat yang mengambil iPhone kamu lalu meminta akses sidik jari dengan menodongkan senjata misalnya.

This is a handy hidden feature because it allows Touch ID to be disabled discretely in situations where someone might be able to force a phone to be unlocked with a fingerprint, such as a robbery or an arrest. With Touch ID disabled in this way, there is no way to physically unlock an iPhone with a finger without the device’s passcode.


Baca Juga:


Bahkan untuk membuat keamanan ini bisa kamu andalkan, tidak ada pesan yang tampil di layar bahwa kamu telah melakukan disable Touch ID lewat Emergency SOS. Tampilan di layar hanya menyebutkan bahwa kamu harus input Passcode Lock untuk kembali menggunakan fitur keamanan sidik jari ini, sama seperti sistem keamanan ketika perangkat iOS tidak dibuka dengan Touch ID lebih dari 48 jam.

Menurut pendapat saya, tips singkat ini terbilang cukup menarik dan bisa menjadi mode keamanan tambahan jika dibutuhkan. Untuk melengkapi mode ini, silakan gunakan Passcode Lock yang aman dan tidak mudah ditebak oleh siapa saja sebagai pelindung utama untuk akses ke Homescreen. Info lengkapnya dapat kamu baca di artikel sebelumnya oleh tim MakeMac.


5 Tips Mengunci iPhone dengan Passcode Lock Ekstra Aman

[source site_name = “Macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2017/08/17/ios-11-emergency-sos-disables-touch-id/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest