Follow Us

Safari di iOS 11 Kembalikan Tautan dari Google AMP ke Versi Normal

Bagus Hernawan - Jumat, 25 Agustus 2017 | 10:14
Safari di iOS 11 Kembalikan Tautan dari Google AMP ke Versi Normal

Google Accelerated Mobile Page (AMP) adalah teknologi dari Google untuk membuat tampilan website yang kamu cari dan kunjungi menjadi lebih cepat. Namun sayangnya teknologi ini membuat pengguna agak kesulitan untuk melihat tautan asli dari website tersebut – apalagi saat membagikannya ke sosial media atau lewat aplikasi chat. Namun pengguna iOS bisa tenang, Apple sudah membereskan masalah membagikan tautan dari Google AMP lewat iMessage atau layanan lainnya di Safari iOS 11. Kamu akan langsung mendapatkan tautan versi normal, meskipun website yang kamu buka sedang dalam mode Google AMP. Hal ini pertama kali diketahui oleh Federico Viticci lewat sebuah cuitannya di Twitter.

Very nice: when sharing AMP pages to iMessage or Reading List, iOS 11 Safari automatically removes AMP’s crap from the URL. Go Apple ???? pic.twitter.com/aHgSMcofUv

— Federico Viticci (@viticci) August 23, 2017

Di sisi lain, tim Google juga telah memberikan penjelasan lebih lanjut. Malte Ubl, salah satu petinggi di Google AMP menjelaskan bahwa hal yang terjadi di Safari iOS 11 adalah permintaan dari Google kepada tim Apple. Hal tersebut juga diharapkan dapat segera dilakukan oleh tim pengembang dari layanan peramban lainnya.

Just wanted to clarify that we specifically requested Apple (and other browser vendors) to do this. AMP’s policy states that platforms should share the canonical URL of an article whenever technically possible. This browser change makes it technically possible in Safari. We cannot wait for other vendors to implement.

Saya pribadi sudah mencoba hal ini di Safari iOS 11 Beta terbaru dan mendapat tautan normal jika menyalin tautan website ke sebuah catatan di Notes atau bagikan ke aplikasi chat. Namun saat hal ini kamu lakukan di Safari iOS 10, tautan dengan awalan google.com/amp akan hadir sebagai tanda bahwa laman yang kamu salin menggunakan dukungan Google AMP. Semoga Apple bisa memberikan update yang sama di pengguna Safari iOS 10 dalam waktu dekat.

Bagaimana pendapat kamu mengenai tautan Google AMP yang kembali dinormalkan oleh Apple lewat Safari iOS 11? Bagikan di kolom komentar ya!

Source : MakeMac.com

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular