Follow Us

Lagi, Apple Hapus Aplikasi dari Pengembang Iran

Bagus Hernawan - Senin, 28 Agustus 2017 | 10:03
Lagi, Apple Hapus Aplikasi dari Pengembang Iran

Apple kembali melakukan tindakan menghapus aplikasi dari pengembang asal Iran di App Store. Sejumlah pengembang aplikasi ternama seperti Snapp, DelionFoods dan masih banyak lainnya mendapatkan catatan dari Apple mengenai tindakan ini. Kabarnya langkah menghapus aplikasi dari Iran diambil Apple karena peraturan sanksi yang diberikan oleh pemerintah US.

“Under the US sanctions regulations, the App Store cannot host, distribute, or do business with apps or developers connected to certain US embargoed countries,” Apple said in a message to developers affected by the crackdown,

Sesuai dengan kutipan di atas, App Store dilarang menyimpan, mendistribusikan atau melakukan bisnis dengan pengembang dari negara yang mendapatkan embargo – dalam kasus ini adalah Iran. Namun peraturan ini bisa saja diganti oleh Apple jika telah ada informasi lebih lanjut dari pemerintah US mengenai hal tersebut.

Baca Juga:

Sebagai catatan, Apple sebetulnya tidak membuat regional App Store di Iran karena memang belum ada kerjasama dengan negara tersebut – apalagi Apple Store untuk menjual iPhone atau produk Apple lainnya. Namun para pengembang aplikasi di Iran tetap merilis aplikasinya di App Store dengan kategori internasional. Dikutip dari laman sumber, perangkat iPhone atau gadget lainnya yang masuk di Iran sebagian besar berasal dari pasar gelap dan diprediksi ada 48 juta smartphone dengan jumlah penduduk sekitar 80 juta orang.

Di awal Januari 2017, Apple juga pernah melakukan hal serupa yaitu menghapus aplikasi dari developer di Iran. Hal ini berkaitan dengan undang-undang di Amerika Serikat yang baru diberlakukan. Kini setelah setengah tahun berselang, Apple kembali mendapatkan sanksi untuk membersihkan App Store dari pengembang di negara yang mendapatkan embargo dari Amerika Serikat tersebut.

[source site_name = “The Verge” site_url = “https://www.theverge.com/2017/8/25/16201434/apple-iran-app-store-removal-sanctions-trump”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest